facebook

4 Manfaat Daun Pisang yang Perlu Kamu Tahu

Sri Nur Isnaini
4 Manfaat Daun Pisang yang Perlu Kamu Tahu
Ilustrasi Tanaman Pisang. (unsplash.com)

Daun pisang tumbuh di bagian yang biasa dikenal sebagai batang secara bergantian kiri dan kanan. Pisang sebenarnya tidak mempunyai batang, tetapi pelepah daun yang menjadi satu. Selain buahnya, daun pisang banyak dimanfaatkan.

Bahkan di supermarket banyak dijual dalam bentuk gulungan. Daun pisang yang biasa dipetik untuk dimanfaatkan adalah yang ada di beberapa lembar setelah bagian terbawah. Daun yang baru dipetik dibiarkan agar sedikit layu, baru dilepaskan dari tangkai dengan cara disisir menggunakan pisau, ditata dan diikat. Daun yang baru saja dipetik kaku dan mudah sobek sehingga tidak dapat digunakan langsung. Apa saja manfaat daun pisang?

1. Pembungkus bahan makanan ketika memasaknya

Makanan tradisional Jawa Tengah banyak yang dimasak dengan menggunakan bungkus daun pisang. Seperti jenis makanan Lontong, Arem-arem, Garang Asem, dan Kue Nagasari. Makanan tersebut mempunyai ciri dan aroma yang khas dari daun pisang yang dikukus atau direbus.

2. Pengganti piring

Para petani ketika menikmati sarapan atau makan siang di sawah lebih memilih menggunakan daun pisang sebagai piring. Selain lebih nikmat juga menghidari piring kaca pecah ketika dibawa ke sawah.

Makanan khas daerah juga banyak yang menggunakan daun pisang sebagai pengganti piring. Sego tumpang di Solo, Sego Boranan di Lamongan dan Sego Krawu di Gresik disajikan dengan piring daun pisang. Daun pisang dibentuk lipatan dengan satu ujung runcing kemudian disemat dengan lidi. Piring ini disebut pincuk.

3. Hiasan tumpeng

Tumpeng dengan aneka lauk, buah dan krupuk yang melengkapinya disajikan dalam wadah tampah yang terbuat dari anyaman bambu. Daun pisang digunakan sebagai alas. Selain itu, daun pisang juga dibuat aneka bentuk segi tiga sama sisi kemudian ditata mengelilingi tampah sebagai hiasan.

4. Pengatur tingkat panas setrika arang

Saat ini sangat jarang orang yang menggunakan setrika arang untuk merapikan pakaiannya. Sebelum ada setrika listrik, setrika dengan panas yang berasal dari arang yang dibakar digunakan untuk merapikan pakaian. Selain sebagai alas, daun pisang digunakan untuk menurunkan tingkat panas dari setrika berbahan besi ini. Caranya adalah dengan menggosokkan setrika pada daun pisang yang masih segar. Aroma daun pisang yang terkena setrika panas ini sangat khas. 

Tanaman pisang hanya dapat berbuah satu kali, menghasilkan buah yang kaya dengan vitamin. Daunnya yang lebar dan halus karena dilapisi zat lilin mempunyai banyak kegunaan. Tanaman pisang merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh diberbagai jenis tanah. Kamu dapat menanamnya di pekarangan rumah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak