alexametrics

Ojingeo: Permainan Tradisional Korea yang Dimainkan di Serial Squid Game

Armand IS
Ojingeo: Permainan Tradisional Korea yang Dimainkan di Serial Squid Game
Poster Squid Game. (instagram/netflixkr)

Belakangan ini publik ramai membicarakan sebuah serial Netflix berjudul “Squid Game” yang merupakan serial drama thriller dari negeri gingseng, Korea Selatan. Serial tersebut mengangkat jalan cerita seorang pria yang terkendala secara ekonomi dan harus mengikuti sebuah rangkaian permainan anak-anak yang berhadiah miliaran Won. Tentu kedengarannya sangat mudah, tetapi ternyata taruhan dari permainan tersebut adalah nyawa, dan peserta yang kalah akan dibunuh oleh pengelola permainan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa unsur utama dalam cerita serial ini adalah permainan anak-anak yang dimainkan oleh para tokoh di serial tersebut. Permainan-permainan yang ditampilkan merupakan permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak di Korea Selatan.

Salah satu permainan yang dipakai sebagai judul serial ini adalah ojingeo yang sekaligus menjadi permainan di tahap klimaks dari cerita serial ini. Kali ini, mari kita bersama-sama mengulik permainan menarik ini!

Asal muasal permainan ojingeo

Ojingeo secara harfiah jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi ‘cumi-cumi.’ Permainan ini dinamakan demikian karena arena permainan tersebut berbentuk seperti kepala cumi-cumi. Permainan ini sering dikenal dengan nama yang berbeda-beda di berbagai daerah di Korea Selatan, salah satunya adalah ojingeo gaisan yang diambil dari kata ‘kaisen’ dalam bahasa Jepang yang berarti perang, lantaran permainan ini menggambarkan sebuah perang kecil yang dimainkan oleh anak-anak.

Permainan ini juga memiliki variasi peraturan di berbagai daerah di Korea Selatan yang masing-masing memiliki perbedaan dalam cara memainkannya. Permainan ini diyakini dimainkan pertama kali oleh anak-anak di daerah Busan dan Haenam, dan keduanya memiliki peraturan yang berbeda dalam memainkan permainan ini. 

Ilustrasi Permainan Anak-anak (Pexels/Mary Taylor)
Ilustrasi Permainan Anak-anak (Pexels/Mary Taylor)

Peraturan bermain

Permainan ini dimulai dengan menggambar sebuah arena yang berbentuk seperti cumi-cumi. Yakni masing-masing arena tim berbentuk lingkaran, segitiga, dan persegi yang semuanya membentuk kepala cumi-cumi. Kemudian pemain dibagi menjadi dua tim, yakni tim penyerang dan tim bertahan. 

Tim penyerang bertujuan untuk melewati keseluruhan arena permainan dan mendarat di daerah ujung arena yang dijaga oleh tim lawan. Tim penyerang memulai permainan di dalam daerah arena yang berbentuk lingkaran dan memasuki daerah tim bertahan yang berbentuk segitiga. Tim bertahan bertugas mencegah tim lawan untuk menerobos daerah pertahanan.

Jika tim penyerang berhasil mendarat di ujung arena, maka tiap pemain yang berhasil akan menambah poin bagi tim penyerang. Oleh sebab itu, untuk mencegah tim penyerang memasuki daerah tujuan, tim bertahan harus mendorong tim penyerang ke luar batas yang ditentukan.

Penyerang yang terdorong keluar garis batas akan didiskualifikasi dan keluar dari permainan. Untuk menambah tantangan, maka penyerang harus bergerak ke dalam arena tim lawan dengan menggunakan satu kaki. 

Nah, itu adalah seluk-beluk mengenai permainan ojingeo. Buat kamu yang sudah menonton Squid Game pasti sudah melihat gambaran bagaimana permainan ini dimainkan.

Untuk kamu yang belum tahu, bisa menonton serial tersebut di Netflix. Serial ini sangat direkomendasikan. Terakhir, penulis punya pertanyaan untuk kamu, apakah kamu tertarik memainkan permainan ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak