alexametrics

5 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Liga Champions

Joni Herwanto
5 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Liga Champions
Ansu Fati, Striker berusia 18 tahun ini turut menyumbang 1 gol. (dok AP/Joan Monfort)

Liga Champions sering dianggap oleh klub sebagai turnamen yang paling prestisius. Hal terseut karena klub-klub terbaik akan dibertemu agar bisa mendapatkan trofi paling bergengsi tersebut.

Klub yang paling banyak mendapatkan trofi Liga Champions ini adalah Real Madrid, mantan klub Cristiano Ronaldo ini berhasil meraih sebanyak tiga belas gelar. Piala yang sering dikenal si Kuping Besar ini terakhir di raih oleh The Blues setelah dirinya berhasil menekuk Manchester City  pada tahun 2020/2021.

Liga Champions juga bukan hanya menjadi persaingan bagi tim-tim besar Eropa. Namun juga menjadi ajang panggung untuk pemain-pemain bintang layaknya persaingan indivdu antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam mengolesi jumlah gol. Selain Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo nama-nama pemain bintang baru seperti Mbappe dan Erling Haaland juga bermunculan.

Sementara itu, gol-gol yang ada di Liga Champions bukan hanya dicetak oleh pemain binang saja. Ada beberapa pemain mudah yang berhasil mencetak gol sepanjang sejarah turnamn Liga Champions ini.

Menyandur dari Sportskeeda, Berikut ini daftar 5 pemain pencetak gol termuda di ajang Liga Champions:

1. Mateo Kovacic

Pemain asal Kroasia ini menjadi salah satu pemain yang berhasil mencetak gol termuda di Liga Champions. Mateo Kovacic mencetak gol di Liga Champions saat dirinya membela Dinamo Zagreb pada tahun 2011-2012. Pada saat itu pemain ini masih berusai 17 tahun 211 hari di laga tersebut.

2. Bojan Krkic

Bojan Krkic berhasil menciptakan gol untuk Barcelona pada babak perempat final Liga Champions. Pada saat mencetak gol pemain ini masih berusia 17 tahun 217 hari di laga tersebut. Pemain ini juga ikut berperan mengantarkan Barcelona meraih gelar juara pada tahun 2007-2008. Namun kemudian penampilan Bojan Krkic menurun sehingga membuatnya harus pindah di beberapa klub, termasuk AS Roma dan Stoke City.

3. Cesc Fabregas

Pemain jebolan akademi Barcelona mencantukan dirinya dalam sejarah di Liga Champions pada saat tahun 2004, ketika dirinya mengantarkan Arsenal menekuk Rosenborg dengan skor yang cukup telak yakni 5-1. Saat dirinya mencetak gol untuk Arsenal dirinya masih berusia yang ke 17 tahun 213 hari. Selain membela Arsenal pemain ini juga pernah bermain untuk Chelsea dan sekarang dia memperkuat AS Monaco.

4. Peter Ofori-Quaye

Pemain asal Ghana, Peter Ofori-Quaye menjadi pemain termuda kedua yang berhasil mencetak gol di Liga Champions pada musim 1997-1998. Saat dirinya mencetak sebuah gol untuk Olympiakos Piraeus, dirinya sedang bersusia 17 tahun 190 hari.

5. Ansu Fati

Pemain jebolan La Masia ini saat mencetak gol dirinya masih berusia 17 tahun 39 hari. Gol tersebut juga turut membawa Barcelona meraih kemenangan atas Inter Milan di Liga Champions pada musim 2019/2020. 

Bukan hanya itu, gol yang dicetak oleh Wonderkid Barcelona itu juga membuat dirinya sebagai pemegang rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak