alexametrics

Lagu-Lagu Nirvana yang Wajib Kamu Dengar Selain Smells Like Teen Spirit

Fryan Septiansyah
Lagu-Lagu Nirvana yang Wajib Kamu Dengar Selain Smells Like Teen Spirit
Foto Nirvana (WallpaperCave) / caveman

Hampir setiap orang yang lahir di tahun 2000-an ke bawah, pasti mengenal atau sedikitnya tahu dengan grunge band bernama Nirvana. Apabila Nirvana masih terasa asing, kemungkinan kalian tahu dengan vokalis nyentrik mereka yaitu, Kurt Cobain.

Siapa Nirvana?

Nirvana dikenal sebagai grunge band yang berasal dari kota Aberdeen, Amerika Serikat. Nirvana beranggotakan Kurt Cobain sebagai vokalis dan gitar, Krist Novoselic sebagai bassist, serta Dave Grohl diposisi drummer. Band ini begitu sukses saat mengawali kariernya di kota Seattle, Amerika. Perdana manggung Nirvana pada tahun 1987, dengan formasi lengkap.

Nirvana dikenal sebagai band yang begitu mahir menciptakan musik-musik out of the box pada masanya. Salah satu tembang andalan mereka yang begitu booming ialah Smells Like Teen Spirit. Untuk para penggemarnya sendiri sudah pasti tidak asing dengan lagu yang begitu berdistorsi dan berwarna tersebut.

Namun, teramat disayangkan, jika kamu mengaku sebagai penggemar Nirvana hanya mendengar lagu Smells Like Teen Spirit. Lantas, ada lagu apa lagi sih yang wajib kita dengar dari Nirvana? Berikut rekomendasi lagu-lagu Nirvana, yang wajib kamu putar selain Smells Like Teen Spirit.

1. Negative Creep

Lagu pertama yang saya masukan ke dalam rekomendasi kali ini ialah lagu bertitel Negative Creep. Lagu ini masuk ke dalam album debut Nirvana yang berjudul "Bleach", dan pertama kali mengudara pada tahun 1989. Lagu Negative Creep ini bernuansa gelap dan keras. Alunan gitar pada lagu ini begitu atraktif dan menggairahkan semangat dikala kita mendengarkannya.

2. Serve the Servants

Selanjutnya ada Serve the Servants, lagu ini menjadi lagu pembuka di album hits mereka yang berjudul, In Utero (1993). Lagu ini bernuansa grunge tidak terlalu berat, tapi masih enerjik.

3. Been a SonBeen a Son

Lagu satu ini terdapat di album EP mereka yang berjudul, Blew (1989). Nada khas Nirvana kental terkandung di dalamnya, dan lirik yang simpel menambah elegan lagu satu ini.

4. Sliver

Selanjutnya, ada dalam album Incesticide yang rilis tahun 1992. Salah satu lagunya yang menjadi andalan mereka saat dibawakan manggung ialah Sliver. Lirik lagunya yang terkesan sedikit lucu tapi gelap, menjadikan lagu ini istimewa. Tak hanya itu, alunan musiknya yang unik pun menambah daya eksklusif di dalamnya.

5. Endless, Nameless

Sama seperti Smells Like Teen Spirit, Endless, Nameless masuk ke dalam album tersukses mereka yaitu, Nevermind. Lagu Endless, Nameless ini terkesan abstrak dan unik. Bagi mereka para pendengar baru Nirvana mungkin tidak akan mengerti esensi lagi satu ini, tetapi semakin sering didengar maka akan terasa seni estetiknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak