alexametrics

Menginspirasi! 4 Film tentang American Football ini Wajib Kamu Tonton!

Diat Anugrah
Menginspirasi! 4 Film tentang American Football ini Wajib Kamu Tonton!
Ilustrasi film (pixabay.com)

American Football merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di Amerika Serikat, bahkan di negara-negara lain. Olahraga khas Amerika ini identik dengan benturan fisik antar pemainnya. Tidak salah jika olahraga ini masuk dalam kategori olahraga yang cukup berbahaya.

Identik dengan benturan dan kekerasan membuat American Football memiliki banyak kisah dan cerita baik dari dalam lapangan maupun di luar lapangan. Oleh sebab itulah, ada beberapa film yang berkaitan dengan olahraga tersebut.

Berikut ini adalah 4 rekomendasi film tentang American Football yang harus kamu tonton.

1. The Replacements (2000)

Klub sepakbola amerika Washinton Sentinels terpaksa tidak dapat menggunakan semua pemain profesionalnya karena mereka semua melakukan aksi mogok untuk meminta kenaikan gaji. Klub tersebut harus memenangkan 3 dari 4 pertandingan yang tersisa agar dapat masuk ke babak play-off.

Menghadapi kondisi yang rumit, pemilik klub meminta Jimmy McGinty (Gene Hackman) untuk melatih tim dengan pemain pengganti. McGinty bersedia menjadi pelatih dengan syarat ia berhak memilih dan merekrut pemainnya sendiri tanpa intervensi.

McGinty lalu merekrut beberapa orang dengan berbagai latar belakang yang semuanya tidak pernah menjadi pemain football profesional. Hanya Shane Falco (Keanu Reeves) yang pernah menjadi bintang di klub football universitas.  

Tim yang direkrut pelatih menjadi cemoohan banyak pihak. Para pemain pengganti yang datang menggunakan bis dilempari telur. Falco yang datang belakangan menggunakan mobil harus terima mobolnya dirusak dan dijungkir-balikkan. Lalu, apakah tim pengganti tersebut mampu bermain dengan baik dan masuk ke babak play-off?

Film garapan sutradara Howard Deutch ini dikemas dengan gaya komedi yang sangat menghibur. Tingkah-tingkah lucu para pemain pengganti saat latihan maupun bertanding tidak dapat ditebak membuat penonton tertawa sekaligus terheran-heran.

Meskipun dikemas dalam gaya komedi, film ini penuh dengan pesan-pesan yang sangat terasa saat menontonnya. Salah satu pesan dalam film tersebut adalah setiap orang berhak untuk mendapat kesempatan kedua.

2. The Longest Yard

Paul Crewe (Adam Sandler), mantan pemain sepakbola amerika profesional, harus mendekam dipenjara karena ulahnya membawa mobil pacarnya dan ugal-ugalan di jalan. Di penjara, ia disambut oleh kepala penjara yang ternyata sangat menyukai permainan tersebut. Bahkan, para sipir memiliki klub sendiri.

Kepala penjara meminta Crewe untuk membentuk tim football dengan para tahanan lainnya untuk melawan para sipir. Dengan perjuangan yang sangat sulit, Crewe mengajak para tahanan untuk membentuk tim football. Dalam membentuk tim, ia dibantu oleh Caretaker (Chris Rock).

Ketika tim sudah terbentuk, kesulitan lainnya adalah mengarahkan para pemain tersebut mengingat mereka adalah para tahanan yang tidak memiliki pengalaman bermain football. Bahkan, motivasi mereka mau bergabung dengan tim adalah agar mereka dapat menghajar para tahanan. Sehingga, selama berlatih mereka hanya saling menghajar satu sama lain.

Dengan dibantu Nate Scarborough sebagai pelatih, Crewe akhirnya mampu menyatukan dan mengkoordinasi para tahanan menjadi tim yang solid hingga membuat kepala penjara ketakutan. Ia melakukan berbagai sabotase agar tim tahanan kalah. Bagaimana hasil dari pertandingan sipir melawan tahanan?

Film ini juga dibalut dengan unsur komedi yang sangat kental. Para tahanan yang memiliki karakter berbeda menimbulkan kelucuan saat latihan maupun saat pertandingan. Film ini memberi pesan bahwa setiap orang memiliki sisi baik dan sisi buruk, termasuk para tahanan yang oleh masyarakat dianggap sebagai orang jahat. Pada dasarnya mereka hanyalah manusia biasa yang juga memiliki kebaikan.

3. The Blind Side

The Blind Side adalah film yang diadaptasi dari buku berjudul The Blind Side : Evolution of a Game karya Michael Lewis. Baik buku maupun film, diambil dari kisah nyata Michael Oher, pemain American Football yang terkenal pada masanya.

Film ini bercerita tentang Michael Oher, di mana karena postur tubuhnya kerap dipanggil Big Mike. Ia adalah seorang remaja berkulit hitam yang hidup sebatang kara, ia tidak memiliki tempat tinggal tetap dan berpindah-pindah tempat tidur. Saat menumpang di tempat salah satu temannya, ia diajak dan didaftarkan ke sebuah sekolah. Meskipun tidak memiliki nilai akademis yang bagus, ia diterima karena rekomendasi pelatih olahraga yang melihat potensi atletik Oher.

Ia lalu bertemu dengan keluarga Tuohy yang mengajaknya tinggal di rumah mereka. Belakangan, ia diadopsi oleh keluarga tersebut. Keluarga Tuohy yang berkecukupan memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan Oher dan mendukungnya untuk menjadi pemain football profesional.

Film ini dikemas sangat baik dengan menyajikan berbagai scene dramatis yang membuat penonton terharu. Hubungan antara Oher dan Leigh Anne Tuohy yang sangat dekat meskipun tidak memiliki hubungan darah serta berasal dari latar belakang yang berlawanan membuat penonton tersentuh dengan kebaikan Leigh Anne.

4. The Waterboy

Bobby Boucher (Adam Sandler) adalah seorang waterboy, julukan untuk orang yang bekerja menyiapkan dan memberi minuman pada para pemain football. Ia memiliki kekurangan dalam hal berfikir dan berbicara. Hal tersebut membuatnya selalu menerima rundungan dari orang-orang di sekitarnya, termasuk para pemain football yang ia layani.

Suatu hari, ia dirundung oleh pemain football, tim yang baru ia layani. Namun, pelatih tim tersebut mengatakan bahwa ia harus melawan agar tidak diperlakukan seperti itu sepanjang musim. Ketika Bobby melawan seorang pemain, pelatih melihat bahwa Bobby dapat menjadi pemain football yang berbakat. Pelatih lalu mengajak Bobby untuk bergabung dengan tim. Apakah Bobby mampu menjadi bermain dengan baik?

Akting Adam Sandler dalam memerankan Bobby dengan segala tingkah lucunya mampu membuat penonton terpingkal-pingkal. Salah satunya ketika Bobby menghajar profesor di kelas karena menghina ibunya.

Itulah 4 rekomendasi film tentang American Football yang sangat menginspirasi dan menghibur. Kamu dapat menonton film-film tersebut di situs streaming legal favorit kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak