alexametrics

4 Fakta Escape From Mogadishu, Film Korea yang Raih Banyak Penghargaan

hestika ya
4 Fakta Escape From Mogadishu, Film Korea yang Raih Banyak Penghargaan
Film Escape from Mogadishu (Soompi)

Film Escape From Mogadishu kembali mendapatkan banyak perhatian dari para netizen dan para pengamat film. Film Escape From Mogadishu kembali menoreh penghargaan di 42nd Blue Dragon Film Awards dengan memperoleh lima nominasi dari delapan belas nominasi yang ada di 42nd Blue Dragon Film Awards.

Escape From Mogadishu berhasil memperoleh penghargaan pada nominasi Best Film dengan mengalahkan film The Day I Died: Unclosed Case, Space Sweepers, Hostage: Missing Celebrity, dan The Book of Fish yang sama kuatnya.

Escape From Mogadishu sendiri merupakan film produksi Dexter Studios dan Filmmaker R&K, yang disutradarai oleh Ryoo Seung Wan, sutradara dan produser dari film-film hits seperti film-film hit The Battleship Island, Veteran, The Berlin File, The Unjust, dan Exit. Escape From Mogadishu baru saja dirilis pada 28 Juli 2021 namun, prestasi yang dihasilkan oleh film tersebut sudah sangat banyak.

Yuk, kita intip saja empat fakta menarik tentang film yang berhasil memperoleh banyak prestasi ini.

1. Film yang diangkat dari kisah nyata

Diangkat dari kisah nyata, film Escape From Mogadishu menceritakan kejadian, di mana Duta Korea Selatan dan Korea Utara untuk Somalia bekerja sama untuk dapat keluar dari negara tersebut. Digambarkan suasana di Mogadishu, ibu kota Somalia pada tahun 1991 yang sedang mengalami peperangan saudara.

Pada kenyataannya memang benar adanya terjadi perang saudara di Somalia mulai akhir tahun 1980-an. Hingga pada tahun 1991 sejak jatuhnya Presiden Siad Barre, menjadi pemberontakan yang paling bruntal.

Film Escape From Mogadishu dirasa berhasil menggambarkan suasana saat itu, dengan tampilan gambar dan alur cerita yang bagus. Ditambah dengan para pemain yang mampu berakting dengan sangat baik.

2. Baru rilis pertengahan tahun, film ini sudah dapat banyak penghargaan

5 penghargaan di 42nd Blue Dragon Film Awards

Tak hanya memenangkan Best Film di 42nd Blue Dragon Film Awards, Escape From Mogadishu berhasil menjadi penerima penghargaan Best Director (Ryoo Seung Wan), Best Supporting Actor (Heo Joon Ho), Best Art Director (Kim Bo Mool), dan Audience Choice Award for Most Popular Film.

6 penghargaan di Buil Film Awards 2021

Pada bulan Oktober 2021 lalu, film Escape From Mogadishu berhasil membawa pulang enam penghargaan di Buil Film Awards 2021, yang merupakan dari ajang penghargaan Busan International Film Festival (BIFF). Mereka berhasil memenangkan kategori Best Film, Best Supporting Actor (Heo Joon Ho), Popular Star Award Male (Jo In Sung), Best Screen Play (Ryu Seung Wan, Lee Gi Chul), Best Cinematography: Choi Young Hwan, Best Music (Bang Joon Suk)

5 penghargaan di Korean Association Of Film Critics Awards 2021

Korean Association Of Film Critics Awards 2021 telah diadakan pada 10 November 2021. Film Escape From Mogadishu berhasil menjadi Ten Best Films of the Year dalam Korean Association Of Film Critics Awards 2021. Empat penghargaan lainnya yang berhasil diperoleh oleh film ini yaitu Best Director (Ryoo Seung Wan), Best Supporting Actor (Heo Joon Ho), dan Best Music (Bang Joon Suk).

Perwakilan Korea Selatan di Piala OSCAR ke-94

Menyadur dari laman Yonhap News Agency, film Escape From Mogadishu akan menjadi film perwakilan Korea Selatan dalam ajang penghargaan Academy Awards ke-94 atau yang lebih dikenal dengan piala OSCAR. Film Escape From Mogadishu akan menjadi perwakilan untuk kategori Best International Feature Film. Nominasi untuk penghargaan sendiri masih akan diumumkan pada tanggal 8 Februari 2022. Ajang penghargaan ini akan dijadwalkan pada 27 Maret 2022 di Los Angeles, California.

3. Biaya produksi Escape From Mogadishu

Escape From Mogadishu menghabiskan biaya produksi sebesar 24 miliar won atau setara dengan 289 triliyun rupiah. Escape From Mogadishu berhasil menggandeng Kim Yoon Seok, Jo In Sung, Heo Joon Ho, dan Kim So Jin sebagai pemain dalam film tersebut.

Dalam film tersebut Kim Yoon Seok berperan sebagai Han Sin Seong, Duta Besar Korea Selatan untuk Somalia dan Jo In Sung berperan sebagai Kang Dae Jin, penasihat intelijen ANSP Korea Selatan. Sedangkan Heo Joon Ho sebagai Rim Yong Su, Duta Besar Korea Utara untuk Somalia dan Kim So Jin sebagai Kim Myung Hee, istri Duta Besar Korea Selatan.

4. Menjadi film box office di Korea Selatan, menggeser film Black Widow

Menyadur dari laman Soompi, film Escape From Mogadishu berhasil menggaet 2.993.515 penonton bioskop hingga tanggal 28 Agustus 2021. Menurut Korean Film Council, jumlah tersebut telah berhasil menggeser kedudukan film Black Widow yang sebelumnya menjadi box office di Korea Selatan pada tahun 2021 ini. Mengesankan sekali, bukan? Baru satu bulan rilis dalam kondisi pandemi seperti ini namun, film tersebut berhasil memperoleh dua juga penonton lebih.

Wah, banyak sekali prestasi yang mereka peroleh, ya. Selamat kami ucapkan kepada para pemain dan tim produksi Escape From Mogadishu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak