facebook

10 Etika di Tempat Umum yang Membuatmu Lebih Berkelas

itsna udhiyah
10 Etika di Tempat Umum yang Membuatmu Lebih Berkelas
Ilustrasi etika.[Pixabay]

Dewasa ini, banyak orang tua ataupun lansia yang sering mengatakan bahwa anak zaman sekarang sangat kurang dalam hal etika. Acuh tak acuh ketika bertemu orang lain, tetap kukuh dengan gadget ketika diajak berbicara oleh orang lain, berbicara kurang sopan kepada orang yang lebih tua, dan lain-lain. Nah, maka dari itu generasi muda harus buktikan bahwa tidak hanya unggul dalam hal prestasi, tapi juga dalam hal norma dan etika.

Di bawah ini penulis akan menjelaskan 10 hal yang sangat penting dilakukan ketika berada di tempat umum. Selain penting, beretika dengan baik juga membuatmu lebih keren. Berikut diantaranya, yaitu:

  1. Selalu gunakan tiga kata ajaib yaitu maaf, tolong, dan terimakasih. Masih banyak orang yang mengira bahwa ketiga kata ini adalah hal yang sepele. Padahal ketiganya membuat diri kita lebih menghargai orang lain dan tidak menjadikan diri kita rendah. Jangan lupa selalu gunakan tiga kata ini ya!
  2. Membukakan pintu untuk orang lain. Hal ini bisa diterapkan dimana pun kamu berada. Contohnya ketika kamu akan memasuki sebuah toko, kamu bisa mendahulukan orang lain dan membukakan pintu untuknya. 
  3. Utamakan lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.Ketika kamu melihat seorang nenek akan menyeberang jalan, bantulah beliau dengan cara yang baik. Jangan pandang rendah terhadap mereka. Jika bisa membantu, bantulah mereka dengan ikhlas.
  4. Tidak menaruh tas di atas meja ketika mengobrol. Tindakan ini belum banyak orang ketahui. Jika sebelumnya kamu masih sering melakukan hal ini, coba tinggalkan hal ini mulai dari sekarang!
  5. Membuang sampah pada tempatnya. Tidak jarang banyak orang yang masih menyepelekan hal ini. Padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan loh!
  6. Selalu siram setelah menggunakan toilet. Setelah kamu selesai menggunakan toilet di tempat umum, siramlah sampai benar-benar bersih.
  7. Saat ingin keluar dari lift, utamakan orang keluar terlebih dahulu. Ketika kamu sedang menggunakan lift dan akan keluar, utamakan orang lain di sekitarmu untuk keluar terlebih dahulu.
  8. Tidak memperhatikan orang asing secara terus menerus.Kalian pernah tidak dipandangi oleh orang yang tidak dikenal dengan waktu yang lama? Pasti rasanya sangat tidak nyaman kan? Begitu juga sebaliknya. Jangan pernah lakukan hal ini kepada orang lain. Selain membuat mereka tidak nyaman, hal ini juga tidak sopan.
  9. Tumpuk wadah dan alat makan di restoran atau kafe setelah makanan. Jika kalian sudah menerapkan hal ini, kalian sangat luar biasa. Dengan menumpuk wadah menjadi satu kita sudah sedikit membantu pelayan restoran. Hal yang mulia bukan?
  10. Jika diajak berbicara oleh orang lain, dengarkan mereka dan jangan asyik sendiri. Ini adalah cara menghargai orang lain. Lakukan ini setiap hari ya.

Demikianlah 10 etika yang harus kamu lakukan ketika di tempat umum. Semoga ulasan tadi bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa untuk selalu menerapkannya ya! Terimakasih banyak telah membaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak