facebook

5 Rekomendasi Film Pendek yang Bisa Kamu Tonton di YouTube, Semuanya Gratis!

Diat Anugrah
5 Rekomendasi Film Pendek yang Bisa Kamu Tonton di YouTube, Semuanya Gratis!
Ilustrasi Menonton Film. (pexels.com)

Film merupakan salah satu karya seni yang banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya film layar lebar, tapi juga film pendek yang ada di YouTube. Meskipun durasinya lebih pendek, tidak sampai satu jam, tetapi film-film ini cukup menarik untuk ditonton. Bisa menjadi hiburan di waktu senggang, hingga menjadi bahan perenungan.

Beruntungnya, banyak pembuat film yang membagikan film pendek mereka secara gratis di YouTube. Kita dapat menikmatinya secara gratis dan legal tanpa harus datang ke bioskop. Nah, berikut lima rekomendasi film pendek yang dapat ditonton di YouTube dan tentunya gratis.

1. KTP

Rekomendasi film pendek yang bisa kamu saksikan di YouTube gratis, yakni KTP. Film pendek berdurasi 15 menit yang diunggah oleh akun BPMPT 5 tahun yang lalu ini akan membuat siapa saja yang menontonnya tertawa. 15 menit yang penuh dengan unsur komedi, menunjukkan bahwa film pendek ini melewati proses penulisan yang sangat serius.

Film pendek ini bercerita tentang petugas kecamatan yang datang ke sebuah kampung untuk melakukan pendataan. Datanglah ia ke rumah Mbah Karsono, lelaki paruh baya yang belum memiliki KTP.

Petugas tersebut lalu menanyakan data diri Mbah Karsono untuk pembuatan KTP. Masalah muncul ketika agama Mbah Karsono adalah Kejawen, dimana tidak ada pilihan agam tersebut dalam kolom KTP. Proses Pencarian solusi masalah ini hingga menghadirkan warga sekampung sangat lucu sehingga film ini sangat menarik untuk ditonton.

2. Lemantun

Merantau hingga sukses tapi tidak terlalu peduli dengan orang tua di kampung? Film pendek berdurasi 21 menit karya Wregas Bhatuneja, yang bisa disaksikan di YouTube secara gratis ini akan menampar kita semua. Lemantun sendiri dalam bahasa jawa berarti almari, sesuai dengan jalan cerita dari film ini. 

Film ini bercerita tentang keluarga yang sedang berkumpul. Pada pertemuan tersebut terdapat seorang ibu dan anak-anaknya yang sudah sukses di perantauan, kecuali satu anak yaitu Mas Tri, yang tetap tinggal bersama ibunya dan hanya berjualan bensin.

Pada pertemuan tersebut, Ibu memberikan warisan berupa sebuah lemari pada tiap-tiap anaknya. Lemari tersebut dibeli setiap setelah seorang anak lahir.

Lemari tersebut dibawa oleh anak-anak yang di perantauan. Namun, pada akhirnya, almari Mas Tri yang paling berguna dibanding yang lain. Begitu pula dengan Mas Tri, meskipun secara duniawi tidak sesukses saudara-saudaranya yang lain, namun dialah yang paling besar perannya dalam merawat ibu.

3. Anak Lanang

Rekomendasi film pendek selanjutnya, Anak Lanang. Film pendek ini bercerita tentang 4 orang anak SD laki-laki yang pulang bersama naik becak. Saat perjalanan pulang tersebutlah terjadi perbincangan khas anak-anak yang sangat menarik untuk ditonton.

Para tokoh dari film tersebut mulai dari keempat anak hingga tukang becak, semuanya mendalami karakter yang tidak muluk-muluk dengan maksimal sehingga penonton menjadi merasa dekat dengan konflik cerita. Sama seperti rekomendasi dua film pendek sebelumnya, Anak Lanang bisa ditonton gratis di YouTube.

4. Pemean

Pemean dalam bahasa jawa berarti jemuran, sesuai dengan latar tempat dari film pendek ini. Cerita dari fim pendek ini sangat dekat dengan kehidupan kita, yaitu tentang seseorang yang gemar pamer.

Pemean berlatarkan suasana saat menjemur dan mengangkat jemuran. Saat dimana ibu-ibu gemar bercengkrama, baik itu mengobrol biasa, menggunjing orang lain, hingga pamer.

Pada film ini, salah satu tokoh memamerkan barang-barang yang ia miliki pada tetangganya saat sama-sama sedang menjemur. Sangat menarik untuk ditonton karena aksi tokoh saat pamer sangat natural membuat penonton merasa relevan.

5. Los Jogjakartoz

Rekomendasi film pendek terakhir, yakni Los Jogjakartos. Los Jogjakartos bercerita tentang perebutan sebuah burung mahal yang melibatkan banyak pihak, dari preman hingga polisi. Burung tersebut awalnya adalah milik Artos, namun siapa sangka, burung tersebut justru membawanya ke dalam masalah pelik yang sama sekali tidak terduga.

Film berdurasi hampir setengah jam ini menggambarkan kehidupan malam kota Jogja yang jarang diketahui masyarakat umum. Penulisan cerita dan pengambilan gambar serta editing terlihat dilakukan dengan sangat serius. Tidak lupa dengan unsur komedi yang ada di dalamnya.

Demikianlah lima rekomendasi film pendek yang dapat ditonton gratis di YouTube. Selamat menonton!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak