facebook

Masih Bingung Pilih Jurusan? Simak 6 Tips dalam Memilih Jurusan

Annisa Zahrotun Nafiah
Masih Bingung Pilih Jurusan?  Simak 6 Tips dalam Memilih Jurusan
Ilustrasi kuliah. (Pexels/ fauxels/annisazn)

Tahun ini kamu masuk kuliah? Tapi masih bingung mau ambil jurusan apa? Tenang, kamu tidak sendirian. Sebagian besar siswa akan bingung ketika menentukan jurusan kuliah. 

Kadang kala, ada mahasiswa yang sudah semester 2 dan pindah jurusan. Mereka bilang tidak cocok dengan jurusan saat itu. Nah, supaya kamu tidak termasuk mahasiswa yang salah jurusan, berikut tips memilih jurusan.

1. Kenali dirimu

Sebagian remaja akan bingun ketika ditanya siapa dirimu. Terkadang dia tidak bisa mendiskripsikan dirinya sendiri. Inilah yang harus kamu lakukan saat ini. Saatnya kamu tahu siapa dirimu sebenarnya. Kamu bisa menggunakan bantuan tes kepribadian untuk mengenal dirimu sendiri. Dengan begitu, kamu tidak akan salah memilih jurusan. 

2. Pahami bakat dan minat

Tips kedua tidak kalah pentingnya dengan tips pertama. Jika sudah mengenal dirimu sendiri, saatnya kamu tahu apa bakat dan minatmu. Masih bingung bagaimana mengetahui bakat dan minat? Kamu perlu berdiam diri sebentar, menyelami ke dalam dirimu sendiri.

Hal apa yang biasa kamu lakukan, atau hal yang bisa membuatmu bahagia. Dengan begitu, kamu akan maju satu langkah, mantap memilih jurusanmu. 

3. Gali informasi sebanyak-banyaknya

Sebelum menentukan jurusan, kamu harus tahu dulu apa yang akan kamu pelajari dalam jurusan tersebut. Bisa juga kamu menggali informasi mengenai kampus yang akan kamu pilih. Biaya kuliah atau lingkungan kuliah. Apakah mendukungku atau tidak. 

Bukan hanya salah jurusan yang membuat seseorang pindah jurusan. Bisa jadi karena biaya kuliah yang terlalu besar atau lingkungan kampus yang tidak mendukung. Kamu perlu informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan dan kampus yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mencari di internet atau web resmi kampus pilihanmu. 

4. Diskusikan dengan orang yang lebih berpengalaman

Pengalaman selalu mengajari kita hal berharga. Kamu bisa menanyakan jurusan atau kampus pilihanmu kepada orang yang lebih berpengalaman. Bisa orang tua, guru, kakak, atau saudara lain yang pernah kuliah dijurusan yang sama. Paling tidak di kampus yang sama.

Dengan begitu, kamu akan semakin memiliki gambaran jurusan dan kampus pilihanmu. Kamu akan semakin mantap memilih jurusanmu. 

5. Jangan kaku

Biasanya, remaja memiliki pemikiran yang sangat ideal. Misalnya kamu harus masuk di jurusan Akuntansi, dan ternyata kamu tidak bisa masuk. Hal ini akan memicu frustasi dalam dirimu. Kamu hanya akan menganggap jurusan lain adalah salah, hanya Akuntansi yang tepat untukmu.

Sebisa mungkin hidari idealisme pemikiranmu. Kamu harus menyiapkan beberapa rencana untuk masa depanmu. Bukan memiliki pemikiran kolot yang bisa menjadi bumerang masa depanmu. Jadi, pilihlah beberapa jurusan yang kamu sukakemudian urutkan dari yang paling suka. 

6. Menerima takdir

Jika kamu sudah masuk dalam jurusan yang bukan pilihan utamamu, kamu harus berpikir bajwa itu takdir terbaik untukmu. Bukankan Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya? Jadi, carilah keunggulan dalam jurusan itu yang bisa membuat kamu jatuh cinta. Jangan hanya menjadi beban orang tuamu hanya karena selalu tidak merasa cocok memilih jurusan. 

Itulah 6 tips agar kamu tidak salah pilih jurusan. Tips itu, aku bagi berdasarkan pengalaman pribadiku. Ketika sudah masuk ke dalam satu jurusan, aku mencari celah untuk mencintainya. Dengan begitu, aku tidak akan merasa salah pilih jurusan. Semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak