facebook

Ingin Kuliah di UNS? Ini 7 Fasilitas yang Disediakan

Annisa Zahrotun Nafiah
Ingin Kuliah di UNS? Ini 7 Fasilitas yang Disediakan
Gedung rektorat UNS (uns.ac.id)

UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta merupakan salah satu universitas negeri yang berada di Surakarta. Nama ini disesuaikan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 55 Tahun 1982. Saya sendiri suka gemas kalau ada yang menyebut UNS sebagai Universitas Negeri Solo. Jangan sampai salah sebut ya.

UNS berlokasi di Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126. UNS juga berakreditasi A (unggul) berdasarkan Keputusan Badan Nasional Perguruan Tinggi Nomor 142/SK/BAN-PT/AKRED/PT/VII/2018. Keputusan ini ditetapkan pada tanggal 17 Juli 2018. Berdasar informasi dari UNS update, pada tahun 2021, UNS  masuk dalam penilaian THE (Times Higher Education) WUR (World University Ranking). THE WUR 2022 yang diumumkan pada tanggal 1 September 2021, UNS menempati peringkat ke 1201+ dari 1662 perguruan tinggi di dunia.

Kalau kamu hendak kuliah di UNS, tidak perlu khawatir. UNS memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dimiliki UNS:

1. Fasilitas olahraga

Jika kamu memiliki hobi olahraga, kamu bisa menggunakan semua fasilitas UNS. Fasilitas yang dimiliii seperti lapangan sepak bola UNS, GOR UNS, lapangan tenis FKIP, panjat tebing FKIP, serta lapangan basket di berbagai fakultas.

2. Asrama mahasiswa

Bagi kamu yang tidak mau ribet mencari tempat kos, asrama mahasiswa bisa menjadi pilihannya. Letaknya pun tidak jauh dari UNS. Berada di Jalan Kartika III, Ngoresan, Jebres Surakarta. Ada dua tipe kamar tidur yang bisa kamu pilih, single untuk satu orang dan sharing untuk dua orang

3. Medical Centre

Medical centre merupakan fasilitas kesehatan yang dimiliki UNS. Terletak di dalam kampus UNS Kentingan. Didukung oleh tenaga profesional yang juga merupakan pengajar dari Fakultas Kedokteran UNS. Terdapat empat divisi, yaitu Kesehatan Umum, Gigi, Mata, dan THT (Telinga, Hidung dan Tenggorokan). Jadi, kalau kamu ada masalah kesehatan, manfaatkan medical centre.

4. Perpustakaan UNS

Jika kamu hendak mencari bahan bacaan, kamu bisa mengunjungi perpustakaan UNS. Koleksinya lengkap, dari buku pelajaran, novel, jurnal ataupun majalah. Sebelum masuk, kamu perlu mencari buku yang kamu inginkan di katalog online perpustakaan UNS. Ini akan memudahkan kamu mendapatkan buku yang kamu mau.

5. Tempat ibadah

UNS memiliki kompleks tempat ibadah untuk agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu. Letaknya juga berdekatan, yang menunjukkan bahwa UNS menjunjung tinggi sikap toleransi dan kebebasan beragama. Bagi kamu yang beragama Islam, kamu bisa memanfaatkan masjid Nurul Huda UNS. Bagi kamu yang beragama Kristen, Katolik bisa memanfaatkan gereja UNS untuk beribadah. Bagi kamu yang beragama Hindu bisa beribadah di Pura Bhuana Agung Saraswati UNS. Bagi kamu yang beragama Budha UNS menyediakan Vihara Bodhisasana. Bagi kamu yang beragama Konghucu, kamu bisa beribadah di Kelenteng Sinar Kebajikan/Ming De Miao.

6. Hotspot area

Di setiap sudut UNS, sudah tersedia hotspot area. Kamu bisa melakukan browsing mata kuliah, email, chatting dan semua yang menggunakan koneksi internet. Koneksinya lancar jaya.

7. Transportasi kampus

Buat kamu yang belum memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan bis kampus sebagai sarana transportasi di dalam kampus. Bis UNS bisa menjangkau semua fakultas di dalam UNS, jadi kamu tidak perlu khawatir. Bis ini beroperasi dari hari Senin sampai Jumat. Biayanya pun terjangkau, sangat pas bagi kantong mahasiswa.

Itulah beberapa fasilitas yang bisa kamu manfaatkan sebagai warga UNS. Sangat lengkap bukan? Sebagai alumni UNS, saya juga pernah memanfaatkan berbagai fasilitas UNS. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak