facebook

Ganti Minyak Goreng Biasa ke Zaitun Demi Cegah Penyakit, Mitos atau Fakta?

ALIMMUL FATTAH
Ganti Minyak Goreng Biasa ke Zaitun Demi Cegah Penyakit, Mitos atau Fakta?
Buah dan Minyak zaitun (pixabay)

Minyak goreng adalah salah satu bahan dapur yang wajib ada dan dimiliki oleh semua rumah tangga. Ditambah lagi, kebanyakan olahan makanan di Indonesia adalah dengan digoreng. Jadi minyak goreng tak akan pernah lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Namun minyak goreng dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi, seperti lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal dan juga tak jenuh ganda. Minyak kelapa sawit yang biasa digunakan untuk memasak mengandung lemak jenuh sekitar 90 persen.

Batas untuk konsumsi lemak jenuh bagi Wanita adalah 20 gram sedangkan untuk pria adalah 30 gram per hari, jika melebihi batas konsumsi harian tubuh akan memproduksi kolesterol, yang jika dibiarkan akan berbahaya bagi Kesehatan. Minyak kelapa meningkatkan kadar low density lipoprotein (LDL).

LDL sendiri adalah kolesterol jahat yang berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Melihat bahaya dari minyak kelapa, memunculkan ide untuk memakai minyak goreng lain yang lebih sehat, contohnya minyak zaitun. Melansir dari CNN dan Healthline, berikut alasan mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun terbuat dari pohon zaitun dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun bukan hanya disebut lebih sehat dari minyak goreng biasa, melainkan juga bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Kandungan pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun, diantaranya adalah:

1.  Mengandung antioksidan

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang merupakan jenis antioksidan yang dapat berguna bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas.

2.  Mencegah penyakit jantung

Jika minyak goreng biasa akan meningkatkan LDL, justru minyak zaitun akan mencegah kolesterol LDL teroksidasi sehingga terhindar dari risiko penggumpalan darah yang memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke

3.  Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet kaya minyak zaitun dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kadar antioksidan dalam darah.

4.  Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun yang dapat memerangi radikal bebas diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kanker

Jadi itulah alasan mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Selain lebih sehat, banyak manfaat baik lain yang bisa didapat dari penggunaan minyak zaitun ini. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak