facebook

Mengulik 8 Gaya Hidup Sehat dalam Buku "30 Hari Mengubah Kebiasaan Buruk"

Sam Edy Yuswanto
Mengulik 8 Gaya Hidup Sehat dalam Buku "30 Hari Mengubah Kebiasaan Buruk"
Buku "30 Hari Mengubah Kebiasaan Burukā€. (DokPribadi/samedy)

Siapa sih, manusia di dunia ini yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan tak mudah terserang penyakit? Saya yakin setiap manusia tentu menginginkan hal tersebut. Tubuh yang sehat biasanya sangat berkaitan erat dengan gaya hidup sehat kita dalam keseharian.

 Bicara tentang gaya hidup sehat, ada penjelasan menarik dari Zachira Indah dalam buku Buku 30 Hari Mengubah Kebiasaan Buruk (Laksana, 2020). Ada 8 langkah yang bisa dilakukan agar kita terbiasa hidup sehat.

Berikut penjelasan ringkas buku 30 Hari Mengubah Kebiasaan Buruk:

1. Bangun lebih pagi

Pagi hari adalah waktu di mana tubuh terasa segar dan pikiran lebih fresh sehingga membuat sugesti-sugesti positif mampu diterima oleh otak.

2. Rutin tidur 7-9 jam per hari

Studi menunjukkan orang-orang yang tidur cukup sekitar 7-9 jam per hari (bukan termasuk tidur siang) memiliki kualitas hidup lebih baik dibanding mereka yang tidur kurang dari itu. Jika ingin berhasil dan sukses dalam hidup, istirahat yang cukup adalah kuncinya.

3. Minum air putih

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, rutinlah mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Air putih memiliki manfaat mampu mengeluarkan racun, meningkatkan fungsi kerja otak dan otot, menyeimbangkan suhu tubuh, bahkan menjaga berat badan.

4. Memperbanyak makan buah dan sayur

Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran, tubuh memiliki peluang untuk mengalahkan sel-sel kanker, gangguan jantung, dan penyakit berbahaya lainnya.

5. Menjaga kondisi mental

Orang kadang hanya mementingkan kesehatan fisik dan mengabaikan kesehatan mental. Padahal, keduanya sama penting. Kesehatan mental adalah fondasi dari seluruh kesehatan tubuh manusia.

6. Meditasi untuk melepaskan persoalan

Tentukan tempat yang nyaman untuk duduk atau berbaring di mana kamu merasa tidak akan diganggu. Berkonsentrasilah dengan memperlambat irama pernapasan dan lepaskan ketegangan dari tubuhmu. Bayangkan segumpal awan kecil di depanmu dan kamu meletakkan permasalahan di puncaknya.

Setelah selesai dan pikiranmu kosong, bayangkan awan tersebut melayang tinggi ke angkasa. Sembari menyaksikan awan itu lenyap, tegaskan kepada dirimu, “Permasalahanku sudah terbang tinggi ke angkasa untuk diselesaikan. Jawabannya akan muncul di hadapanku”. Dari meditasi tersebut, intinya kamu harus percaya dan yakin bahwa setiap persoalan ada solusi atau jawabannya.

7. Kurangi stres

Saat stres melanda, ingatlah bahwa kondisi tertekan yang kamu rasakan saat ini barangkali sudah tak ada artinya lagi dalam beberapa tahun ke depan. Stres terjadi saat kamu mencoba mengendalikan hal-hal dalam hidupmu.

Cobalah untuk rileks karena satu-satunya yang harus dikendalikan adalah diri sendiri dan respons dirimu dalam menghadapi masalah.

8. Berolahraga

Tubuh manusia tak ubahnya benteng jiwa yang menghadapi berbagai tekanan fisik dari luar. Kamu pastinya menginginkan tubuhmu kuat dan tak mudah jatuh sakit. Berolahraga adalah cara terbaik untuk memperbaiki kondisi fisik tubuh.

Itulah 8 cara atau langkah dalam buku “30 Hari Mengubah Kebiasaan Buruk” agar kita terbiasa hidup sehat. Semoga bermanfaat.

***  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak