facebook

Ulasan Buku Be a Reader: Mendulang Aksara, Meraih Makna

Martina Mulia Dewi
Ulasan Buku Be a Reader: Mendulang Aksara, Meraih Makna
Be A Reader - Antoni Ludfi Arifin (doc.pribadi/martinamuliadewi)

Jika kamu masih merasa berat untuk memulai membaca buku atau apa saja, buku ini sangat recommended untuk kamu baca. Terutama untuk para orangtua yang ingin membudayakan membaca di tengah keluarga kecilnya. Menggunakan bahasa yang ringkas, jelas, dan sederhana, serta menceritakan berbagai kisah orang hebat yang berawal dari membaca. 

"Membaca teks adalah kebiasaan yang menandakan orang terpelajar. Membaca alam dan tanda-tanda zaman adalah kemampuan yang dimiliki oleh terdidik, cendekiawan. Keduanya memungkinkan orang menjalani kehidupan yang kaya dan penuh warna." Begitu kata Adrias Harifa, penulis 40 buku bestseller yang mengungkapkan tentang manfaat yang didapat dari membaca. Kuncinya adalah kita bisa lebih peka terhadap hal-hal di sekitar kita. Dengan membaca juga membuka cakrawala ilmu pengetahuan. 

Kalian pasti tahu kan dengan almarhum BJ Habibie yang terkenal dengan Mr.Crack itu? Bapak Dirgantara Nusantara ini pernah mengatakan "Saya hampir tidak tidur dan terus bekerja saja. Bekal saya hanya kertas, alat tulis, semangat dan perhatian dan senyuman Ainun yang selalu memukau dan saya rindukan. Coretan pada kertas tersebar di atas tempat tidur dan di lantai bersama buku-buku dan majalah ilmiah yang sedang saya baca." Terlihatlah hasil dari kerja keras BJ Habibie hingga namanya terkenang sampai hari ini. Salah satu rahasia kehebatan yang berhasil beliau raih adalah semangatnya untuk belajar, membaca banyak hal, dan terus berkarya. 

Di buku ini juga membagikan tips untuk memulai kebiasaan membaca di setiap rumah. Terlebih jika para orangtua ingin mengenalkan buku dan aktivitas membaca pada anak-anak, tips yang dibagikan akan sangat berguna. Untuk meningkatkan budaya membaca di rumah, ada paling tidak 5 hal yang perlu dibiasakan. Yaitu:

  1. Membiasakan membaca buku 10-15 menit setiap hari, bisa dengan bercerita sebelum tidur
  2. Menjadikan rumah sebagai gudang ilmu, yaitu dengan mengoleksi buku-buku
  3. Memasukkan buku ke daftar belanja bulanan, jadi ada anggaran khusus untuk dialokasikan membeli buku
  4. Ajak anak ke toko buku, perpustakaan, atau taman bacaan sehingga semangat dan kecintaannya pada buku bisa tumbuh
  5. Orangtua menjadi contoh untuk membiasakan membaca di pagi hari sebelum berangkat kerja atau saat malam hari. Seperti membaca koran, majalah, atau buletin. Anak pasti akan melihat dan mencontohnya, tentu saja ia juga lebih semangat untuk membaca karena melihat orangtuanya melakukan hal yang sama. 

Buku dengan 108 halaman ini sangat ringan bahasannya dan bisa langsung diterapkan. Selamat jatuh cinta pada membaca :)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak