facebook

Review Novel 'Man's Search For Meaning' by Viktor E Frankl

Nurita Komara
Review Novel 'Man's Search For Meaning' by Viktor E Frankl
Man's Search For Meaning (Doc/Nurita Komara)

Buku ini terdiri dari dua poin, pertama bagian yang menceritakan kembali pengalaman kelam yang pernah ia alami selama menjadi tawanan. Bagian berikutnya menjelaskan tentang Logoterapi, aliran ilmu psikologi yang dikembangkan oleh Viktor E Frankl, bagaimana dia bisa menjalani hidup pasca pembebasan. 

Identitas Buku 

Judul        : Man's Search For Meaning 

Genre       : Sejarah

Penerbit   : Noura Books

Penulis     : Viktor E Frankl

Penerjemah : Haris Priyatna

Halaman   : 202 hlm

ISBN: 978-602-385-416-6

Tentang Penulis 

Dr. Viktor E. Frankl adalah seorang neurolog dan psikiater terkemuka di Eropa. Teorinya dikenal sebagai logoterapi. Hingga wafat pada 1997, dia telah menulis puluhan buku yang telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Selama Perang Dunia II, dia tinggal di kamp selama 3 tahun di Auschwitz, Dachau, dan kamp konsentrasi lain.

Sinopsis Buku 

Seperti yang dijelaskan di awal, buku ini berisi 2 poin utama yang menjadi pembahasan. Poin pertama membahas mengenai Pengalaman di Kamp Konsentrasi, dan poin kedua membahas tentang Logoterapi secara ringkas. 

Pada poin pertama, dijelaskan bahwa Viktor menjadi tawanan dan berada di kamp konsentrasi selama 3 tahun. Dia menceritakan bagaimana kehidupan sehari-hari di sana, bagaimana kejamnya perlakuan Nazi terhadap tawanan. Dia yang lemah dan tak bisa bekerja langsung dikirim ke kamar gas. Tak jarang mereka saling berebut makanan, meskipun hanya sepotong roti dan semangkuk sup cair, tapi bagi mereka itu harta yang paling berharga. 

Berada di lingkungan kematian, membuat tawanan berusaha untuk tetap terlihat baik-baik saja meskipun pada kenyataannya mereka sakit, lemah, dan tak berdaya. Perubahan lingkungan yang sangat drastis seperti ini membuat kondisi psikis tawanan juga berubah. Itulah poin yang kemudian dijelaskan oleh Viktor mengenai konsep logoterapi yang dikembangkannya, menjalani hari pasca pembebasan tentu bukan perkara yang mudah. 

Dan lebih tepatnya buku ini tentang upaya bertahan hidup, sungguh keajaiban yang sangat besar karena pada akhirnya dia bisa selamat. 

Ulasan

Buku yang sangat bagus, memperkaya pengetahuan, meskipun pada akhirnya semakin lama saya membaca semakin tahu pula bagaimana kejamnya Nazi saat itu dan mengutuk dalam hati. Syukurlah saat ini kita hidup dalam keadaan damai, dan selamanya akan tetap damai. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak