facebook

Dampak Invasi Rusia dalam Keberlangsungan Komoditi Gandum Serbia

Alwi Fahrozi
Dampak Invasi Rusia dalam Keberlangsungan Komoditi Gandum Serbia
Ilustrasi gandum (Shutterstock)

Gandum merupakan komoditi terbesar di Serbia dan Serbia sendiri merupakan penghasil gandum terbesar di Eropa namun dengan adanya efek dari invansi Rusia terhadap Ukraina yang sekarang sedang terjadi membuat jalannya komoditi gandum di Serbia menjadi terganggu dan sekaligus juga menjadi terhambat. Di mana Serbia yang ingin mengekspor gandumnya menjadi terhambat dengan adanya Invasi Rusia terhadap Ukraina ini yang menyebabkan negara-negara tujuan Ekspor ini lebih mementingkan keamanan negara dan warga negara nya yang bisa saja terdampak yang cukup signifikan dengan adanya  Invasi Rusia terhadap Ukraina ini.

Sehingga Serbia sekarang sedang mencari negara tujuan Ekspor yang berada di luar Eropa untuk kembali mengekspor gandumnya yang stok nya sekarang melimpah karena terhambatmya kegiatan Ekspor gandum ini dan sekaligus juga meningkatkan kembali perekonomian negara yang tersendat karena ada Invasi Rusia terhadap Ukraina sekaligus dampak pandemi Covid-19 kemaren.Dimana negara-negara di Eropa merasakan dampaknya yang cukup signifikan. Tak terkecuali Serbia sendiri yang mau mengekspor gandum dari hasil pertanian lokalnya menjadi terhambat.

Namun baru-baru ini Indonesia melihat adanya kesempatan dalam melihat situasi Serbia sekarang, dengan menjajaki kerja sama dengan Serbia. Serbia sebagai negara pengekspor gandum ke Indonesia, kerja sama ini terjalin dengan adanya pertemuan antara presiden Indonesia Jokowi Dodo dan Menteri Luar Negeri Serbia Nikola Selakovic. Pihak Serbia menyambut baik dari kerja sama ini dan menganggap Indonesia adalah mitra yang strategis dan ingin meningkatkan kerja sama dengan Indonesia sendiri. Dan di harapkan dengan Kerja sama ini dapat meningkatkan perekonomian kedua Negara baik Indonesia yang mengimpornya dan Serbia sebagai pengekspornya. 

Di mana Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri yang semakin hari terus bertambah dan stok dalam negeri ini semakin langka, serta bagi Serbia pengeksporan gandum ke Indonesia bisa jadi penambahan pendapatan negara Serbia sendiri serta kembali nya komoditi gandum di Serbia yang sempat terhambat dengan adanya invasi Rusia terhadap Ukraina pada saat ini yang sedang terjadi.

Sumber:

Kusumawardhani, Amanda, Terdampak Perang Rusia-Ukraina, Indonesia Incar Gandum Serbia, 2022.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak