facebook

Bukit Pergasingan Lombok, Training Mendaki Sebelum Menaiki Gunung Rinjani

Anisa Rachma Agustina
Bukit Pergasingan Lombok, Training Mendaki Sebelum Menaiki Gunung Rinjani
Bukit Pergasingan (Instagram/@bukit.pergasingan)

Berlibur ke Lombok adalah impian banyak orang. Dengan panorama alam yang sangat mengagumkan, setiap orang akan dibuat candu ketika menginjakkan kaki di Lombok. Berbagai destinasi wisata tersedia di pulau nan elok inamu tidak cukup apabila menginap satu malam ketika hendak mengitari pulau serpihan surga ini. Di pulau ini, kamu akan dimanjakan dengan pesona bahari yang luar biasa asri.

Bukit-bukit yang menjulang tinggi dan salah satu gunung yang menjadi impian para pendaki yakni Gunung Rinjani. Keelokan Rinjani sudah tersohor hingga mancanegara. Buktinya banyak turis yang menyegaja datang ke Lombok untuk mendaki Gunung Rinjani. Di Gunung Rinjani terdapat danau yang amat terkenal yakni danau Segara Anak. Danau indah yang sayang untuk dilewatkan ketika kamu mendaki Gunung Rinjani.

Karena trek yang cukup panjang, hendaknya sebelum memutuskan untuk mendaki Rinjani terlebih dahulu latihan mendaki. Tujuannya agar saat melewati trek Rinjani kamu sudah siap sedia. Salah satu bukit yang terkenal dan tak kalah elok adalah Bukit Pergasingan. Beberapa orang sering camping dan berwisata ke bukit tersebut sebagai media latihan sebelum memutuskan untuk traking ke Gunung Rinjani.

Degan menawarkan panorama yang sangat indah, dijamin kamu tidak akan kecewa apabila camping di Bukit Pergasingan. Bukit ini terletak di kawasan Gunung Rinjani. Saat berada di atas bukit, kamu akan disuguhi oleh pemandangan alam sembalun yang sangat memesona. Dari atas tampak hamparan sawah yang mirip seperti lukisan. Bedanya ini adalah lukisan alam semesta yang bisa membuatmu bersyukur atas hidup yang telah Tuhan karuniakan.

Berada di ketinggian 1670 mpdl, saat berdiri di puncak Bukit Pergasingan, kamu akan disuguhi hamparan awan yang sangat memukau. Apabila kamu beruntung kamu akan melihat arak-arakan awan yang membuat seolah-olah kita dikelilingi awan dan berada di negeri atas awan. Setiap wisatawan yang hadir tak ada yang kecewa, mereka selalu ingin mengulang dan kembali merasakan sensasi mendaki Bukit Pergasingan yang dipadu dengan hawa dingin nan candu.

Hiruk pikuk perkotaan dan lalu lalang kendaraan yang membuat jenuh di kota akan tergantikan dengan suasana tenang, damai dan alami saat kamu berada di Bukit Pergasingan. Kamu dapat sejenak meninggalkan rutinitas pekerjaan dan bebanmu, untuk menikmati hangatnya seduhan kopi di atas Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan ialah salah satu opsi alternatif para pendaki yang hendak menaiki Gunung Rinjani. Dengan medan yang cukup mudah, membuat para pendaki memilih trek ini. Apabila ingin melihat sunrise, saya sarankan untuk membangun tenda di atas bukit. Supaya saat membuka pintu tenda, hal pertama yang kamu lihat adalah hamparan pemandangan nan mempesona dipadu dengan sinar  jingga.

Terdapat pula berbagai pilihan penginapan untuk kamu yang tidak mau camping di Bukit Pergasingan. Untuk mencapai puncak dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari penginapan-penginapan di Sembalun. Dari penginapan kamu harus menaiki kendaraan bermotor sebemul dari peginapan hingga trek Bukit Pergasingan. Setelah itu kamu harus melewati sekitar 70 anak tangga untuk menuju pemberhentian pertama. Dari spot tersebut traveler dapat melanjutkan untuk menuju puncak Bukit Pergasingan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak