facebook

7 Fakta Menarik Pulau Jeju yang Tak Kalah Epik dengan Drama Koreanya

Dini Hariyani
7 Fakta Menarik Pulau Jeju yang Tak Kalah Epik dengan Drama Koreanya
Gambar Pulau Jeju di Korea Selatan.[Pexels.com/Jess Loiterton]

Jeju atau Jeju-do adalah pulau terbesar di Korea Selatan yang dikenal sebagai 'Hawaii Korea'. Jeju menjadi tujuan liburan populer bagi warga Korea Selatan karena pedesaannya yang subur dan pantainya yang indah. Berikut adalah 7 fakta menarik pulau Jeju di Korea Selatan dilansir dari laman Bigseventravel.com.  

1.Bahasa Jeju yang sudah langka

Jeju tidak hanya memiliki dialeknya sendiri tetapi juga memiliki bahasanya sendiri yang digunakan oleh beberapa penduduk lanjut usia. Sementara itu para remaja berbicara dengan variasi bahasa Korea dan dialek Jeju. Menurut data UNESCO, tidak lebih dari 10.000 orang di Pulau Jeju berbicara bahasa Jeju dan dikategorikan ke dalam bahasa yang hampir punah.

2. Jeju memiliki gunung tertinggi di Korea Selatan

Gunung tertinggi di Korea Selatan, Hallasan berada di pulau ini. Gunung vulkanik setinggi 1950 meter ini merupakan rumah flora dan fauna yang rimbun. Gunung ini berasal dari Periode Kuartener Era Kenozoikum dan mungkin telah meletus sekitar 25.000 tahun yang lalu menurut para ahli.

3. Manusia setengah Dewa pendiri Jeju

Menurut legenda Jeju didirikan oleh setengah dewa bernama Go, Ryang, dan Bu. Orang-orang ini muncul dari lubang di tanah dan kemudian menjadi pendiri kerajaan Tamna. Mitos lain mengatakan bahwa Jeju diciptakan oleh seorang wanita kuat bernama Seolmunae Halmang yang membawa tanah di roknya dan menuangkannya ke laut. Dari situlah muncul Pulau Jeju.

4. Jeju memiliki struktur matriarkal

Perempuan merupakan pencari nafkah utama bagi keluarga di Jeju atau kepala rumah tangga. Hal ini karena 'wanita lautnya' yang disebut haenyeo. Wanita laut ini merupakan penyelam yang memanen rumput laut, moluska, dan makhluk laut lainnya. Uniknya para wanita ini bisa menyelam hingga kedalaman 10 meter tanpa oksigen. Sebelum menyelam, mereka berdoa kepada dewi laut, Jamsugut untuk meminta keselamatan dan hasil tangkapan yang melimpah.

5. Jeju memiliki pemerintahan sendiri

Jeju menjadi provinsi yang dapat mengatur pemerintahannya sendiri pertama dan satu-satunya di Korea Selatan pada tahun 2006. Pulau ini terdiri dari provinsi Jeju dan Seogwipo,  dan ada dua kabupaten, Bukjeju dan Namjeju . Provinsi tersebut menerima kekuasaan administratif yang luas yang biasanya disediakan untuk pemerintah pusat.

6. Jeju menyimpani situs warisan dunia

Pulau Vulkanik Jeju dan Tabung Lava adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Situs ini terkenal dengan atap dan lantai karbonat warna-warni, dinding lava berwarna gelap dan kerucut yang muncul dari laut. 

7. Kakek beruntung di Jeju

Terdapat puluhan patung batu basal tersebar di pulau Jeju yang dikenal sebagai dol hareubang ‘kakek batu’. Patung-patung ini mewakili dewa perlindungan dan kesuburan. Patung-patung muncul pada akhir abad ke-18 dan menjadi simbol pulau.

Itulah 7 fakta menarik tentang Pulau Jeju untuk menambah wawasan kamu. Punya rencana untuk mengunjunginya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak