facebook

Ulasan Buku Beginilah Petunjuk Rasulullah tentang Keutamaan Ahli Ilmu

Sam Edy Yuswanto
Ulasan Buku Beginilah Petunjuk Rasulullah tentang Keutamaan Ahli Ilmu
Buku "Beginilah Petunjuk Rasulullah tentang Keutamaan Ahli Ilmu" (Dokumen pribadi/Sam Edy)

Ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari. Tak hanya dipelajari tapi juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa membekali diri dengan ilmu pengetahuan, tentu tatanan hidup kita akan kacau. Tanpa ilmu, kita tak bisa membedakan perkara yang hak dan batil, halal dan haram, dan seterusnya. 

Oleh karenanya, penting bagi setiap orang belajar tentang berbagai ilmu pengetahuan yang akan membuatnya mendapatkan pencerahan. Terlebih ilmu agama, seperti tentang bagaimana tata cara melaksanakan shalat yang tepat, dan seterusnya.

Mencari ilmu itu termasuk ibadah yang bernilai pahala sangat besar. Dalam buku berjudul “Beginilah Petunjuk Rasulullah tentang Keutamaan Ahli Ilmu” yang disusun oleh Ibnu Rusydi ini dijelaskan hadits-hadits yang berkaitan dengan keutamaan orang yang menuntut ilmu:

Dari Anas bin Malik Ra. berkata: Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa yang pergi menuntut satu macam ilmu, maka para malaikat akan mengelilingi menghormatinya, burung di udara dan ikan di air mendoakannya dan Allah menempatkannya di tempatnya tujuh puluh orang yang mati syahid”.

Dalam hadist lain diterangkan: dari Ibn Mas’ud Ra. berkata: Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa yang belajar satu macam ilmu dan mengajarkannya kepada orang lain karena Allah Swt., maka Allah akan memberikan pahala tujuh puluh nabi”.

Hadits berikutnya: dari Abdullah Ibn Abbas Ra. berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: Barangsiapa yang meninggal dalam menuntut ilmu, maka akan bertemu denganku, tidak ada jarak antara dia dan para nabi kecuali derajat kenabian”.

Hadits berikutnya: dari Wailah Ibn Al-Asqa’ berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: Barangsiapa yang mencari ilmu dan berhasil mendapatkannya, maka dia mendapatkan dua pahala, dan jikalau tidak mendapatkannya maka dia mendapatkan satu pahala”.

Dalam buku ini juga diuraikan hadist yang menjelaskan tentang pentingnya memuliakan ahli ilmu atau para ulama. Jangan sampai kita meremehkan keberadaan ulama atau para guru kita. Berikut penjelasan haditsnya:

Dari Anas Ibn Malik Ra. berkata: Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa yang meremehkan orang alim tanpa perkara yang baik, maka Allah Swt. akan meremehkan orang tersebut besok di hari kiamat di hadapan semua makhluk dan para nabi. Dan barangsiapa memuliakan orang alim maka Allah Swt. akan memuliakannya dengan karomahnya para nabi”.

Buku ini bagus dibaca oleh siapa saja, untuk membantu memotivasi orang-orang agar jangan pernah lelah menuntut beragam ilmu pengetahuan, sebagai bekal dalam mengarungi kehidupan ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak