facebook

Dijuluki "Africa In Miniature", Inilah 4 Fakta Kamerun

Ahmad Irfan Ramadhan
Dijuluki "Africa In Miniature", Inilah 4 Fakta Kamerun
Peta dan Bendera Kamerun.(Unsplash.com/MarkRubens)

Kamerun adalah negara yang terletak di bagian tengah Benua Afrika. Ibukota Kamerun adalah Yaounde. Dahulunya Kamerun adalah salah satu negara jajahan Inggris dan sekarang tergabung ke dalam anggota negara persemakmuran Inggris (commonwealth), tak heran jika salah satu bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris. Kamerun memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari bigseventravel.com berikut ini adalah 4 fakta negara Kamerun.

1. Kamerun dijuluki "Africa In Miniature" karena keragaman geografis dan budayanya

Kamerun memiliki beragam lanskap dan medan yang mewakili setiap zona iklim benua termasuk hutan hujan, gurun, rawa, sabana, dan pantai. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis tumbuhan dan hewan asli Afrika di Kamerun. Faktanya, negara ini adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia berkat iklim yang kondusif dan hutan yang lebat. Negara ini memiliki lebih dari 20 cagar alam untuk melindungi fauna dan flora, lebih dari 400 spesies mamalia, 690 spesies burung, 250 reptil, dan 200 amfibi. Bahasanya juga beragam. Meskipun bahasa resmi Kamerun adalah bahasa Prancis dan Inggris, Kamerun juga memiliki sekitar 280 bahasa lokal.

2. Kamerun adalah salah satu negara terkuat di Afrika dalam dunia sepak bola

The Indomitable Lions, julukan tim nasional sepak bola Kamerun adalah salah satu tim nasional terkuat di Afrika. Timnas ini telah lolos ke kompetisi FIFA sebanyak enam kali, lebih banyak dari tim Afrika lainnya. Mereka telah berpartisipasi di Piala Dunia sebanyak lima kali dan pada tahun 1990 mereka menjadi tim pertama di Afrika yang mencapai perempat final. Bahkan, butuh waktu tambahan bagi Inggris untuk memenangkan pertandingan dengan skor 3-2. Mereka juga memenangkan Emas di Olimpiade Sydney 2000 dan Piala Afrika sebanyak empat kali. Beberapa pemain terkenal yang berasal dari negara ini adalah Roger Milla, Thomas N'Kono, dan Samuel Eto'o.

3. Kamerun memiliki salah satu tempat terbasah di dunia

Debundscha Point yang terletak di antara Gunung Kamerun dan Samudra Atlantik adalah salah satu tempat terbasah di Bumi. Tempat ini memiliki curah hujan tahunan rata-rata lebih dari 10,3 m setiap tahun. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tepat di khatulistiwa dengan puncak setinggi 4.000 meter yang mencegah awan hujan lewat.

4. Kamerun adalah salah satu negara yang mengambil sikap tegas terhadap perburuan gajah hutan

Untuk mencegah perburuan ilegal, pada tahun 2016 pemerintah Kamerun membakar lebih dari 2.000 gading gajah yang diperdagangkan secara ilegal. Peristiwa ini adalah salah satu pembakaran terbesar barang satwa liar yang diburu dalam sejarah Afrika. Pihak berwenang menghancurkan gading untuk menjauhkannya dari pasar gelap dan juga menyita lebih dari 600 senjata api.

Itulah tadi 4 fakta negara Kamerun. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak