facebook

Rekomendasi 5 Komunitas Online bagi Penggemar K-pop

Dini Hariyani
Rekomendasi 5 Komunitas Online bagi Penggemar K-pop
Ilustrasi komunitas online.[Pexels/Pixabay]

Dengan musik serta budaya Korea yang semakin terkenal secara global, maka semakin banyak pula penggemar dari berbagai negara. Penggemar ini terkadang berusaha menemukan orang lain yang memiliki minat sama tentang industri Korea. Maka sekarang ini banyak platform komunitas online untuk menyatukan para penggemar. Komunitas online tersebut biasanya memiliki berbagai berita, aktivitas, obrolan, dan banyak lagi.

Inilah 5 komunitas online bagi penggemar K-pop disadur dari laman seoulinspired.

1. Reddit

Hampir semua orang penggemar K-pop sudah akrab dengan Reddit. Reddit adalah forum yang terdiri dari ribuan sub forum dimana masing-masing kanal ini dibuat untuk topik yang berbeda.

Sub K-pop terbesar diberi nama r/kpop. Komunitas ini telah ada sejak 2009 dan saat ini memiliki lebih dari 700.000 anggota. Seperti namanya, komunitas ini didedikasikan untuk K-pop secara keseluruhan dan penggunanya akan menemukan berita dan konten dari berbagai grup di sini.

2. TheQoos

TheQoos juga bisa menjadi rekomendasi aplikasi terbaik untuk pecinta K-pop. Tak jauh berbeda dengan Reddit, pengguna dapat memilih komunitas grup tertentu untuk bergabung. Setelah bergabung dengan komunitas, pengguna dapat melihat semua berita terbaru, kiriman penggemar, obrolan, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat melihat semua album dan lagu yang pernah mereka rilis.

Keunggulan aplikasi ini adalah bagian Tanya Jawab penggemar. Di bagian ini, penggemar dapat mengajukan pertanyaan kepada artis atau grup favorit mereka. Jika mereka beruntung, para selebritas sendiri mungkin akan menjawab! 

3. Forum Allkpop

Allkpop terkenal sebagai situs web berita yang membagikan berita terbaru dan terkini terkait K-pop dan idola. Sementara situs berita memungkinkan untuk komentar dan upvotes, interaksi nyata terjadi di forum Allkpop. Selain itu, Allkpop juga menawarkan akses ke komunitas Discord. 

Forum itu lebih aktif dan memiliki ribuan pengguna. Saat ini, lebih dari 2000 posting baru per hari dan tercatat sebagai salah satu komunitas K-pop paling aktif di internet.

Dalam forum Allkpop pengguna dapat membuat profil khusus dengan gambar, gif, lencana, dan tanda tangan khusus. Meskipun tidak ada obrolan langsung di situs itu sendiri, server Discord menawarkan pengalaman obrolan yang lebih baik.

4. WeVerse

Situs web ini menawarkan jumlah pengguna yang luar biasa, terdapat lebih dari 1 juta pengguna aktif setiap hari. Selain itu, perusahaan yang menciptakan WeVerse, Hybe, juga merupakan perusahaan di belakang BTS. Mereka juga memiliki berbagai label lain yang mengelola artis seperti Zico dan grup seperti NU'EST dan Seventeen.

5. Soompi 

Soompi merupakan situs yang sudah tidak asing di telinga penggemar K-pop. Situs ini terkenal dengan liputan beritanya tentang industri Kpop. Namun, mereka juga memiliki bagian forum Kpop yang jarang diketahui orang. Forum Soompi ini sangat mirip dengan forum Allkpop tetapi tampaknya memiliki pengguna yang kurang aktif. Forum itu sendiri sangat mudah dinavigasi dan secara umum memiliki moderasi yang baik. Forum ini juga telah ada sejak lama, dengan banyak utas yang dibuat 10 tahun yang lalu atau lebih.

Itulah rekomendasi komunitas online bagi penggemar K-pop. Mungkin sudah ada yang menggunakan salah satu platform di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak