Inilah 4 Tokoh Ilmuwan Muslim yang Terkemuka di Dunia, Ada Ibnu Sina

Winka Orlando Saputra, S.Tr.Gz
Inilah 4 Tokoh Ilmuwan Muslim yang Terkemuka di Dunia, Ada Ibnu Sina
ilustrasi ilmuan. (freepik.com)

Ada banyak ilmuan muslim yang berhasil mengubah dunia. Mereka mampu memberikan kontribusi yang besar pada perkembangan ilmu pengetahuan lewat keahlian dan berbagai penemuan yang mereka dapatkan.

Nah, diartikel kali ini kita akan membahas tentang 4 tokoh ilmuan muslim yang terkemuka di dunia, berikut pembahasannya. 

1. Al Khawarizmi

Al Khawarizmi dikenal sebagai penemu aljabar dan angka 0 dengan keahliannya di bidang matematika, astronomi, dan geografi.

Melansir dari laman Biografiku.com, Al Khawarizmi lahir Khawarizm, Uzbekistan pada tahun 780M dan wafat di Bagdad, Irak pada tahun 850M. Selain aljabar dan angka 0, beliau juga berhasil menciptakan pemakaian Secans dan Tangen dalam penyelidikan trigonometri dan astronomi.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Mengenal Dornier J Wal, Sang "Paus" Penjaga Maritim dari Masa Hindia-Belanda

Al Khawarizmi pernah bekerja di Bayt al-Hikmah di Baghdad dan menulis ensiklopedia dalam berbagai disiplin ilmu. Berbagai penemuan Al Khawarizmi tidak hanya diakui oleh orang-orang timur, tetapi juga berhasil menarik perhatian dunia barat dan dijuluki sebagai Father of Algebra.

2. Ibnu Sina

Abu Ali al-Huseyn bin Abdullah bin Hasan Ali bin Sina atau yang sering disebut sebagai Ibnu Sina merupakan seorang ilmuan muslim di bidang kedokteran. Beliau lahir Bukhara, Uzbekistan pada tahun 980M.

Melansir dari mimlabschoolstg.sch.id, Ibnu Sina dijuluki sebagai Father of Doctor atas keberhasilannya dalam menemukan tata cara pengobatan pada tumor, menemukan penyakit Parasitic, metode pembiusan, pengukuran denyut nadi, pengobatan pada penyakit kejiwaan, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi Kamera Foto Estetik yang Lagi Hits, Buruan Download!

3. Al Battani

Al Battani merupakan seorang ahli astronomi dan matematika di abad pertengahan. Beliau lahir pada tahun 858M di Harran. Melansir dari uici.ac.id, beberapa penemuan yang berhasil didapatkan oleh Al Battani meliputi, penemuan jumlah hari dalam setahun, penemuan trigonometri, serta kemungkinan waktu terjadinya gerhana.

Dari berbagai penemuannya tersebut, Al Battani mendapat julukan  Ptolemy orang Arab dari kalangan astronom Eropa. 

Baca Juga: Anak Muda, Ini Dia 5 Kanal YouTube yang Temani Prosesmu Menuju Sukses!

4. Al Farabi

Al Farabi adalah seorang ilmuwan, filsuf, dan ahli hukum Islam yang berasal dari Farab, Kazakhstan. Beliau lahir pada tahun 872M dari seorang ayah keturunan Persia dan ibu berdarah Turki. Beberapa karya Al Farabi di bidang ilmu filsafat, meliputi Al Madinah Al-Fadhilah, Al Musiqi al Kabir, Ihsha'u al -Iqa, Kalam Fi al-Musiqi, Ihsha'u al-Ulum wa at-Ta'rif bi Aghradhiha, serta Jawami as-Siyasa.

Dari hasil karyanya di bidang filsafat, Al Farabi dijuluki sebagai Guru Kedua Filsafat setelah Aristoteles. Selain itu, Al Farabi juga berhasil menemukan not balok karena beliau juga memiliki keahlian di bidang musik, seperti yang dikutip pada laman gunem.id.

Itulah tadi empat tokoh ilmuan muslim yang terkemuka di dunia, semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak