facebook

Top 5 Rekomendasi Anime yang Membuat Matamu Sembap dan Bengkak!

Stiefany Ferani S
Top 5 Rekomendasi Anime yang Membuat Matamu Sembap dan Bengkak!
Ilustrasi orang menangis. (Pexels)

Kebanyakan orang suka menonton film yang bisa membuat mereka tertawa dan merasa senang, tetapi adakalanya seseorang ingin mencari tontonan yang membuat hatinya galau dan sedih.

Anime adalah salah satu referensi terbaik untuk melampiaskan stres dan rasa lelah dari aktivitas di dunia nyata. Istirahatkan diri dan tontonlah anime-anime berkualitas yang bisa membuatmu bersyukur dengan keadaanmu yang sekarang ini.

Ada banyak pula manfaat dari menonton film sedih, salah satunya kamu jadi bisa memahami dirimu sendiri dan meluapkan emosi yang terpendam. Setelah menangis sepuasnya, perasaanmu akan jauh lebih lega dan nyaman.

Berikut rekomendasi 5 judul anime penuh makna yang cocok untuk menemani waktu luangmu di tengah kesibukan.

1. Grave of the Fireflies (1988)

Sumber foto: IMDb
Sumber foto: IMDb

Grave of the Fireflies atau diartikan sebagai Makam Kunang-Kunang adalah sebuah film tragedi perang animasi Jepang tahun 1988 garapan Studio Ghibli yang berdasarkan pada cerpen semi-autobiografi bernama sama tahun 1967 karya Akiyuki Nosaka.

Anime ini berlatar pada masa Perang Dunia II mengenai seorang pemuda berusia 14 tahun bernama Seita dan adik perempuannya berusia 3 tahun bernama Setsuko yang berusaha bertahan hidup setelah terjadi peristiwa pemboman Kobe City.

Tidak terbayangkan seberapa pelik masalah yang harus kakak-beradik ini hadapi di tengah perang yang tercetus dengan ganas dan tanpa ampun. Anime ini adalah gambaran nyata bagaimana kondisi masyarakat saat terjadinya perang dahulu kala.

Jika kamu tidak kuat mental, disarankan untuk tidak menonton anime ini. Banyak kesedihan dan penderitaan, inilah anime yang bisa membuat kamu bersyukur terlahir di zaman ini, bukan di zaman perang.

2. From Up on Poppy Hill (2011)

Sumber foto: IMDb
Sumber foto: IMDb

Masih dari studio yang sama menggarap Grave of the Fireflies, From Up on Poppy Hill berlatar belakang di Yokohama tahun 1963, menceritakan tentang sebuah kisah cinta siswa-siswi SMA bernama Shun Kazama dan Umi Matsuzaki yang akan menjadi generasi pertama dari Jepang yang baru.

Seiring dengan memulihnya Jepang dari kehancuran yang dihadapinya akibat Perang Dunia II, generasi baru ini berjuang untuk melangkah maju ke depan menuju masa depan yang sejahtera, tetapi dengan tidak meninggalkan masa lalu yang mengukir jati diri mereka.

Selain art style yang khas dari Studio Ghibli, anime ini juga memiliki OST yang bagus dan menyayat hati. Salah satu OST terbaiknya berjudul Summer of Farewells, cocok kamu dengarkan saat galau dan sedih.

3. Hello World (2019)

Sumber foto: IMDb
Sumber foto: IMDb

Hello World adalah anime 3D yang berlatar tahun 2027, di mana Kota Kyoto telah mengalami kemajuan teknologi yang luar biasa. Di kota itu hidup Naomi Katagaki, seorang anak laki-laki yang tertutup dan menyukai buku. Lalu ada Ruri Ichigyou, seorang gadis dengan kepribadian dingin yang sering blak-blakan dengan orang-orang dan gemar membaca buku pula. Meski memiliki minat yang sama, Naomi takut untuk mendekati Ruri karena sifatnya yang tidak ramah.

Suatu hari, saat Naomi keluar untuk berjalan-jalan, aurora merah tua menembus langit untuk sesaat sebelum menghilang. Tak lama setelah itu, dia melihat seekor gagak berkaki tiga dan seorang pria berkerudung misterius yang mengungkapkan dirinya sebagai Naomi dari 10 tahun ke depan, menjelaskan bahwa dia datang untuk mengubah peristiwa tragis yang akan terjadi pada Ruri tak lama setelah mereka mulai berkencan.

Awalnya Naomi tidak percaya, tetapi lama-kelamaan, ia pun mengikuti instruksi dari dirinya di masa depan untuk menyelamatkan Ruri Ichigyou.

Hello World bercerita tentang cinta dan pengorbanan. Seseorang dapat melakukan apa pun demi seseorang yang dicintainya. Kalimat favorit saya dari anime ini adalah ketika Naomi dari masa depan mengatakan, “The day I lost her, was the day I lost my future.”

Wah, romantis banget, ‘kan?

4. Weathering With You (2019)

Sumber foto: myanimelist
Sumber foto: myanimelist

Siapa yang tak kenal Makoto Shinkai? Seorang sutradara anime dan mantan perancang grafis yang berasal dari Jepang. Karyanya yang telah mendunia dan banyak mendapat penghargaan berjudul Your Name atau Kimi no Nawa (2016). Pada tahun 2019, Makoto kembali merilis anime baru dengan genre fantasi-roman yang ditulis dan disutradarai oleh dirinya sendiri.

Weathering With You atau Tenki no Ko bercerita tentang seorang anak muda bernama Hodoka dari desa terpencil di Shikoku, yang meninggalkan rumah dan memutuskan untuk tinggal di Tokyo. Dalam perjalanannya, dia bertemu dengan Keisuke, seorang pria aneh yang menawarkan bantuan, tetapi ia tolak.

Setelah beberapa kali tidur di jalanan karena tidak ada orang lain yang bisa dihubungi, Hodoka memutuskan untuk menghubungi Keisuke. Hodoka mendapatkan tawaran bekerja sebagai penulis majalah lokal milik Keisuke yang membahas supernatural dan hal-hal aneh.

Selama di Tokyo, Hodoka selalu diikuti cuaca aneh di mana hujan turun tiada henti (Hodoka adalah ame otoko atau manusia hujan). Saat menulis sebuah cerita, dia mendengar kisah pengendalian cuaca. Dia berusaha mencari kebenaran dari legenda urban di mana ada seorang gadis muda yang memiliki kekuatan untuk menghentikan hujan dan membuat langit menjadi cerah kembali. Pencariannya ini membuatnya bertemu dengan Hina Amano, seorang gadis yang memiliki kekuatan luar biasa yang dapat mengendalikan cuaca.

Cerita menyentuh dan penuh makna ini mampu membuat penonton terharu sampai menangis. Sungguh sebuah karya luar biasa dari seorang Makoto Shinkai.

5. Summer Ghost (2021)

Sumber foto: IMDb
Sumber foto: IMDb

Summer Ghost adalah sebuah film pendek animasi Jepang yang diproduksi oleh Flat Studio dan disutradarai oleh Loundraw.

Summer Ghost bercerita tentang sebuah legenda tentang "Hantu Musim Panas", sosok gadis roh yang muncul ketika kembang api dinyalakan. Konon katanya, yang bisa melihat roh gadis itu adalah orang-orang yang telah berputus asa dan ingin mengakhiri hidupnya. Anime ini berfokus seputar tiga remaja yang memiliki kecemasan masing-masing.

Tomoya yang tertekan dengan nilai akademiknya dan dipaksa sempurna oleh sang ibu, Aoi yang acap kali dirundung oleh teman-teman sekolahnya, dan Ryou yang didiagnosis terkena penyakit dan hidupnya tersisa beberapa bulan lagi.

Anime ini mengajarkan kita untuk lebih menghargai hidup dan menikmati setiap momennya, seperti sebuah pepatah yang mengatakan, “Hiduplah seperti kamu akan mati hari ini.”

Cintailah dirimu, dunia tak berpihak pada siapa pun, hanya kamu yang harus memilih jalanmu.

Itulah top 5 anime yang bisa membuat kamu menangis dan terharu. Tertarik untuk menonton?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak