facebook

5 Tips Antimainstream agar Dapat Ide saat Menulis!

Stiefany Ferani S
5 Tips Antimainstream agar Dapat Ide saat Menulis!
Ilustrasi Orang Mengetik Di Laptop.[Pexels]

Suka kesulitan saat memikirkan ide untuk tulisanmu? Terkadang, sudah memiliki niat dan bersungguh-sungguh, tetapi sayangnya ide tersebut tak kunjung keluar sehingga membuat kamu menyerah dan tidak produktif.

Ada banyak faktor yang membuat otakmu tidak bisa memproses ide, bisa karena jenuh, tidak nyaman dengan suasana dan kondisi di sekitar, kurangnya hiburan, dan hal-hal menarik yang bisa memicu otakmu memikirkan ide tulisan yang bagus dan keren.

Berikut tips yang akan membantu kamu mengembangkan ide dan membuat tulisanmu jauh terasa lebih hidup. Pastinya sangat mudah dilakukan dan membuat dirimu seratus persen lebih nyaman dan percaya diri.

1. Jalan-Jalan atau Traveling

Sumber foto: pexels
Ilustrasi jalan-jalan.[Pexels]

Mencari suasana baru menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan idemu. Melihat pemandangan segar dan baru, berbaur dengan orang-orang baru dapat menambah kreativitas dan wawasanmu.

Selain itu, dengan jalan-jalan, kamu bisa menyegarkan pikiranmu sekaligus mengurangi stres yang sedang kamu alami. Tidak perlu jauh-jauh atau sampai menghabiskan banyak biaya, cukup pergi ke taman bermain atau tempat-tempat yang bisa menghibur dan menarik perhatianmu juga dapat mengeluarkan ide untuk tulisanmu.

2. Berbicara Pada Diri Sendiri

Sumber foto: pexels
Ilustrasi berbicara .[Pexels]

Percaya tidak percaya, ngomong sendiri bisa menambah idemu, loh. Kok bisa?

Kalau kamu tipikal orang yang introvert dan susah menceritakan masalahmu pada seseorang, maka ceritakanlah masalahmu pada dirimu sendiri. Dengan demikian, kamu dapat merenungkan dan memahami tentang dirimu sendiri. Kamu bisa mendapatkan hal-hal kecil yang mungkin akan kamu lewati jika berbicara santai dengan seseorang.

Selain itu, manfaat lain dari berbicara sendiri adalah mempertajam kognitif, meningkatkan performa dan konsentrasi, membantu merefleksikan sesuatu, meningkatkan memori, dan membantu memecahkan masalah.

Jangan mendiagnosa dirimu gila kalau senang berbicara sendiri karena hal itu bisa membantumu mendapatkan ide untuk tulisanmu.

3. Minum dan Makan Camilan

Sumber foto: pexels
Ilustrasi makan-makan.[Pexels]

Teman-teman pastinya suka minum dan makan camilan, ‘kan? Ternyata hal ini bisa membuat kamu mendapatkan ide, loh.

Otak seseorang cenderung buntu ketika lapar karena kadar gula darah tubuh rendah dan juga pada keadaan lapar, maka tidak ada sumber makanan yang dapat dicerna, sehingga dapat terjadi penurunan energi dalam tubuh.

Maka dari itu, saya sarankan kamu untuk makan dan minum yang manis-manis agar bisa meningkatkan kadar gulamu dan membuat otakmu mampu berpikir dengan jernih. Tentunya dalam jumlah yang pas dan tidak berlebihan, ya.

4. Menonton Film

Sumber foto: pexels
Ilustrasi menonton film.[Pexels]

Siapa yang suka menonton film, baik drakor, anime, drama Thailand ataupun China? Ternyata hobi ini bisa jadi cara kamu untuk mendapatkan ide, loh.

Dengan menonton film, kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk tulisanmu. Misalkan, ada beberapa adegan di film yang menurutmu bagus dan keren sekali. Kamu terinspirasi dan coba merombak adegan tersebut, tidak masalah. Selama yang kamu lakukan bukanlah menjiplak mentah-mentah adegan tersebut.

Terinspirasi dan memplagiat jelas berbeda. Terinspirasi adalah saat seseorang yang melakukan sesuatu dan saat itu kita juga mendapatkan sesuatu dari pikiran kita, sedangkan plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain.

Jadi jangan sampai salah menafsirkan kedua hal ini, ya.

5. Mendengarkan Curhatan Temanmu

Sumber foto: pexels
Ilustrasi cuthat.[Pexels}

Kamu sering menjadi pendengar cerita temanmu tentang gebetan dan pacarnya? Hal ini bisa membantumu mendapatkan ide, loh.

Saat temanmu menceritakan kisahnya, kamu bisa dengan otomatis merangkai tulisan dalam kepalamu. Kamu juga bisa mengangkat cerita temanmu menjadi sebuah tulisan, tentunya atas izin dari orang yang bersangkutan.

Jika temanmu ingin bercerita, maka dengarkanlah dengan baik dan seksama, siapa tahu dialah orang yang akan membuatmu mendapat ide untuk tulisan kerenmu.

Itulah beberapa cara anti mainstream untuk mendapatkan ide tulisanmu. Tertarik untuk mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak