facebook

Tips Sehat Menjaga Imunitas Tubuh selama Pandemi COVID-19

Adhia Lovelyna
Tips Sehat Menjaga Imunitas Tubuh selama Pandemi COVID-19
Ilustrasi olahraga (shutterstock)

Saat masa pandemi seperti ini, menjaga imunitas sangatlah penting karena imunitas tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh kita. imunitas berguna untuk melawan virus dan penyakit yang ingin masuk kedalam tubuh. Sehingga, imunitas dapat mengurangi risiko tertular Covid-19 dan berbagai penyakit lainnya. 

Tapi, apa sih imunitas itu? imunitas adalah sistem jaringan kompleks yang tersusun dari sel dan protein yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh berbagai macam virus. Karena, imunitas dapat mengenali dan menghancurkan mikroba dengan cepat jika ada ditemukan sel abnormal yang masuk ke dalam tubuh kita.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh kita!

1. Menjaga pola makan sehari-hari

Makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi sistem imunitas dalam tubuh. Oleh karena itu, kita dapat menjaga pola makan kita dengan cara mengonsumsi sayur dan buah, membatasi asupan gula, garam dan lemak. selain itu, minum air putih yang cukup juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. 

2. Berolahraga secara rutin 

Berolahraga dapat meningkatkan daya tubuh apabila dilakukan secara rutin walaupun di rumah, olahraga yang baik untuk meningkatkan daya tubuh adalah olahraga yang memacu detak jantung, seperti berlari, bersepeda, berenang, dll. Durasi berolahraga juga mempengaruhi sistem imunitas, durasi paling efektif untuk berolahraga adalah 50-60 menit dan dilakukan 5 kali dalam seminggu. 

3. Berjemur dibawah sinar matahari 

Dengan berjemur di pagi hari, tubuh kita menyerap vitamin D dari sinar matahari. Salah satu manfaat vitamin D adalah untuk meningkatkan imunitas, meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan juga mencegah infeksi pada tubuh kita. Waktu yang tepat untuk berjemur adalah pada pukul 08.00-09.00 di pagi hari.

Pada jam tersebut sinar matahari menghasilkan vitamin D, sedangkan pada pukul 10.00-13.00 matahari menghasilkan sinar UVB Ultraviolet yang tidak baik untuk kulit. 

4. Melakukan hal produktif

Menyibukan diri dengan melakukan kegiatan produktif secara tidak langsung dapat meningkatkan imunitasitas. Karena, melakukan kegiatan produktif dapat menurunkan tingkat stres dalam diri kita. Salah satu penyebab tidak stabilnya imunitas dalam tubuh adalah stres.

Banyak orang mengalami stres karena selama pandemi ini kita tetap dipaksa untuk melakukan kegiatan seperti biasa tetapi dengan cara online. Beberapa kegiatan produktif yang bisa dilakukan di rumah adalah berolahraga, berkebun, menonton program edukatif, membersikan rumah, dan kegiatan lainnya. 

5. Istirahat yang cukup 

Dengan beristirahat yang cukup, itu sudah menjadi upaya yang cukup mudah untuk dilakukan dalam meningkatkan imunitasitas pada tubuh. Karena apabila tubuh kita beristirahat dengan cukup maka antibodi dalam tubuh meningkat, antibodi berfungsi untuk menjaga tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh virus terlebih saat pandemi seperti ini. Selain itu, beristirahat dengan cukup dapat menurunkan stres dalam diri kita. Tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam sehari sudah cukup membantu untuk meningkatkan imunitasitas. 

Itulah 5 cara untuk meningkatkan imunitasitas tubuh selama pandemi. Dari 5 cara tersebut, mana yang sudan kalian dilakukan? Oleh karena itu, mari menjaga imunitasitas tubuh selama pandemi ini. Tetap patuhi protokol kesehatan dan tetap di rumah aja ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak