alexametrics

Mengupas Kandungan Apel yang Bermanfaat Turunkan Berat Badan

Hayuning Ratri
Mengupas Kandungan Apel yang Bermanfaat Turunkan Berat Badan
Ilustrasi buah apel (Pixabay/pasja1000)

Mengonsumsi apel secara rutin bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mencegah risiko terserang obesitas.

Suara.com - Buah apel cukup mudah ditemukan di Indonesia dan menjadi favorit bagi banyak orang. Apel diyakini bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Kandungan air pada apel tergolong tinggi yaitu hingga 86 persen. Makanan dengan kandungan air yang banyak dapat membuat lebih tahan lapar sehingga asupan kalori dapat berkurang.

Mengutip dari Halodoc, sebuah apel dengan ukuran sedang dapat mengandung 4 gram serat. Sementara itu, wanita membutuhkan minimal 16 persen asupan serat, sedangkan pria membutuhkan 11 persen. Asupan serat tersebut dapat dipenuhi dengan makan buah apel karena asupan serat pada apel tergolong sangat tinggi, namun kandungan kalorinya rendah. Inilah alasannya buah apel dapat menjadi salah satu pilihan makanan agar asupan serat dapat tercapai.

Mengonsumsi apel secara rutin bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mencegah risiko terserang obesitas. Serat berperan untuk memperlambat pencernaan makanan sehingga seseorang menjadi merasa lebih tahan lapar. Lebih lanjut kandungan kalori pada apel yang sedikit juga sekaligus membantu bagi yang sedang menjalankan program diet.

Perpaduan kandungan air dan serat dalam apel memiliki manfaat untuk membuat perut merasa lebih kenyang. Mengonsumsi buah apel secara utuh lebih terasa mengenyangkan dibandingkan hanya meminum jus apel. Rasa kenyang setelah mengonsumsi apel dapat mempengaruhi nafsu makan menjadi berkurang dan membantu menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, apel mengandung beberapa vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, dan potassium yang baik untuk kesehatan. Apel mempunyai indeks glikemik rendah yang berguna untuk mengontrol gula darah dan manajemen berat badan.

Nah, itulah penjelasan kandungan pada buah apel yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat ya.