facebook

4 Kesalahan Mencuci Wajah, Bisa Bikin Jerawatan

Hayuning Ratri Hapsari
4 Kesalahan Mencuci Wajah, Bisa Bikin Jerawatan
Ilustrasi mencuci wajah (Pexels/Miriam Alonso).

Mencuci wajah menjadi langkah wajib yang dilakukan agar kesehatan wajah terjaga dengan baik. Mencuci muka dengan sabun pembersih bisa membuat wajah terasa bersih dan segar. Akan tetapi, beberapa kebiasaan membersihkan wajah justru dapat memicu munculnya jerawat.

Berikut ini sejumlah kesalahan sepele yang sering dilakukan dalam mencuci wajah. Simak yuk!

1. Sembarangan menentukan produk

Jangan mudah tergiur iklan atau review dari orang lain terkait sebuah produk kecantikan. Kamu perlu mengenali kebutuhan kulitmu sendiri sebelum menentukan sabun pembersih wajah. Mengenali jenis dan permasalahan kulit dapat membantumu untuk memilih produk terbaik yang mesti kamu gunakan.

Ciri sabun pembersih yang baik yakni mampu menghilangkan sisa-sisa kotoran hingga make up yang menempel di wajah, tetapi tidak lantas membuat wajah terasa kering. Kamu bisa memilih sabun pembersih yang memiliki kandungan gentle, tidak terlalu mempunyai aroma menyengat, dan tidak terlalu banyak mengeluarkan busa.

2. Mencuci wajah terlalu sering

Jika kamu menyangka bahwa semakin sering mencuci wajah, semakin membuat wajah kian bagus, maka hal ini adalah pemahaman yang salah. Mencuci wajah secara berlebihan dapat mengakibatkan wajah iritasi sampai menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Batasi untuk mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari. Jika kamu masih merasa ingin cuci muka, cobalah untuk membilas muka dengan air hangat saja.

3. Menggosok terlalu keras

Hindari untuk menggosok produk pembersih terlalu keras hingga membuat kulit terasa tertarik. Apalagi, jika kamu mempunyai kulit yang sensitif. Ketika mencuci muka, gosoklah secara lembut dan perlahan seperti memijat wajah. Hal ini akan memberikan efek rileks untuk otot-otot wajah.

Tidak disarankan pula menggosok wajah terlalu keras dengan handuk. Tepuk-tepuk muka perlahan menggunakan handuk yang bersih atau biarkan wajah mengering sendiri. Selain itu, usahakan untuk membedakan handuk badan dengan handuk wajah.

4. Terburu-buru membilas wajah

Sama seperti mandi secara singkat yang menyebabkan badan kurang bersih, demikian halnya apabila kamu membilas wajah terburu-buru. Kotoran dan minyak yang menempel di wajah tidak terangkat dengan baik.

Berikan waktu setidaknya sekitar dua menit dalam mencuci wajah agar hasilnya bisa maksimal. Kamu bisa fokus memijat area sekitar dahi dan hidung yang sering berminyak.

Nah, itulah empat kesalahan yang dilakukan saat mencuci muka. Apakah kamu sudah mencuci wajah dengan benar?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak