facebook

Wanita Harus Tahu, 4 Penyebab Badan Lemas saat Menstruasi

Hayuning Ratri Hapsari
Wanita Harus Tahu, 4 Penyebab Badan Lemas saat Menstruasi
Ilustrasi wanita lemas saat menstruasi (Pexels/Polina Zimmerman).

Datang bulan atau menstruasi terkadang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari wanita. Tidak hanya lebih sensitif, beberapa wanita bisa merasa lemas saat menstruasi tiba. Hal ini dikuatkan hasil penelitian dalam Pakistan Journal of Medical Sciences tahun 2019 bahwa hampir 90 persen wanita mengalami kelelahan atau fatigue pada fase menstruasi.

Kondisi lemas saat haid ini, ternyata ada pencetusnya. Berikut beberapa hal penyebab badan lemas saat menstruasi merangkum dari Klikdokter dan Halodoc. Simak selengkapnya, yuk!

1. Perubahan hormonal

Ketika memasuki masa menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron wanita berada pada tingkat terendah. Hal ini bisa berdampak pula terhadap kadar serotonin yang ikut menurun.

Perubahan hormonal inilah yang bisa menyebabkan tingkat energi wanita menurun dan suasana hatinya pun kurang baik. Oleh karena itu, tak jarang wanita mudah mengalami mood swing selama menstruasi.

2. Kekurangan zat besi

Wanita akan mengeluarkan cairan darah yang lumayan banyak saat haid. Keadaan ini menuntut tubuh agar segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka tubuh akan kesulitan menghasilkan hemoglobin yang diperlukan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tubuh yang memiliki zat besi rendah juga bisa mengalami anemia. Kelelahan dan merasa lemas dapat menjadi tanda gejala anemia ini.

3. Dehidrasi

Perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh turut berdampak pada jumlah air di dalam tubuh. Kondisi ini membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Terlebih, tubuh mengeluarkan darah yang banyak saat menstruasi. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi air dengan cukup. Pasalnya, dehidrasi juga bisa meningkatkan risiko tubuh mengalami kram perut.

4. Kurang waktu tidur

Kram perut atau punggung yang pegal akibat menstruasi bisa membuat wanita menjadi sulit tidur. Waktu tidur yang kurang seperti ini bisa menyebabkan wanita merasa lemas keesokan harinya.

Untuk mengatasi hal ini, hindari konsumsi kafein sebelum tidur dan jauhkan gawai dari tempat tidurmu. Kamu juga bisa mematikan lampu kamar agar bisa segera tertidur.

Nah, itulah empat penyebab badan wanita terasa lemas dan lelah selama menstruasi. Usahakan untuk mengambil waktu istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak