facebook

Hindari dari Sekarang, Ini 4 Kebiasaan Penyebab Sahabat Pergi Menjauh

Hayuning Ratri Hapsari
Hindari dari Sekarang, Ini 4 Kebiasaan Penyebab Sahabat Pergi Menjauh
Ilustrasi persahabatan (Pexels/Liza Summer ).

Memiliki sahabat yang mampu mengerti dan mendengarkan isi hatimu patut kamu syukuri. Akan tetapi, mempertahankan dia agar selalu setia dalam suka dan duka, ternyata juga tidak mudah. Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa tiba-tiba sahabat seolah pergi menjauh darimu?

Sahabatmu mungkin memang sedang sibuk, sehingga tidak bisa menanggapi celotehanmu seperti dulu. Namun, bisa pula memang terdapat sesuatu yang membuatnya berubah. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan sahabatmu menjadi menjauh. Yuk, simak bersama!

1. Bergosip tentang dia di belakangnya

Coba ingat kembali, apakah kamu sering membicarakan keburukannya di belakang dia? Kebiasaan ini lebih sering ditemukan pada kaum hawa saat berkumpul dengan teman-temannya yang lain. Jika dia mengetahui pembicaraanmu ini, sahabatmu bisa merasa sakit hati, lho.

Kamu bisa mengungkapkan hal yang tidak kamu sukai secara langsung saja dengannya. Cara ini lebih bijak daripada kamu mesti mengumbar kejelekannya. Dia pasti akan mengerti dan berterima kasih karena memiliki sahabat sepertimu yang mau saling mengingatkan.

2. Sering ingkar janji

Kamu sudah membuat janji akan pergi bersamanya akhir pekan nanti, tetapi tiba-tiba kamu membatalkannya begitu saja. Hal ini tidak terjadi hanya sekali dua kali saja, sehingga sahabatmu memilih pergi darimu. Sahabatmu mungkin merasa kesal menghadapi tingkahmu yang sudah menjengkelkan.

3. Kamu yang berubah

Sebenarnya sahabatmu masih sama seperti yang dulu, tetapi justru kamulah yang ternyata berubah. Kamu menjadi sosok yang lebih tertutup tanpa pernah memberitahu alasannya. Hal ini bisa membuat sahabatmu canggung dan tidak dekat seperti dulu lagi. Kamu pun bisa merasa bahwa sudah tidak sefrekuensi dengannya.

4. Tidak ada timbal balik

Persahabatan yang sehat perlu adanya timbal balik satu sama lain. Jika sahabatmu mentraktir makanan di hari ulang tahunnya, maka kamu pun bisa melakukan hal yang sama nanti pada ulang tahunmu.

Saling memberi dan menerima seperti ini bisa merekatkan hubungan persahabatanmu. Jangan jadi pihak yang hanya ingin menerima saja ya.

Nah, itulah empat kebiasaan yang membuat sahabat tidak lagi dekat denganmu. Sebelum keadaan lebih memburuk, mulai sekarang hindari melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak