facebook

Belajar Memasak, Ini 4 Kesalahan Penyebab Donat Tidak Mengembang

Hayuning Ratri Hapsari
Belajar Memasak, Ini 4 Kesalahan Penyebab Donat Tidak Mengembang
Ilustrasi donat (Pexels/Cats Coming).

Siapa di sini yang sedang belajar memasak? Donat bisa menjadi camilan pilihan kalian untuk dimasak di rumah. Membuat donat susah-susah gampang bagi para pemula. Persoalan yang paling sering ditemukan saat membuat donat adalah adonannya yang tidak mengembang. Hal ini membuat tekstur donat menjadi keras dan tidak nikmat.

Jika kalian pernah mengalami permasalahan tersebut, simak beberapa kesalahan penyebab donat tidak mengembang berikut ini.

1. Takaran bahan cair tidak sesuai

Ketika membuat donat, pastikan bahwa kamu mengikuti resepnya dengan baik. Ikuti takaran yang sesuai. Pasalnya, perbandingan bahan kering dan bahan cair yang tidak pas bisa membuat donat gagal mengembang.

Bahan cair yang dibutuhkan untuk membuat donat biasanya meliputi air, susu cair, santan, dan telur. Bahan cair yang kurang banyak daripada bahan kering dapat menjadi penyebab donat tidak mengembang.

2. Memasukkan ragi bersamaan dengan garam

Kesalahan berikutnya yang biasa dilakukan dalam memasak donat adalah memasukkan ragi bersamaan dengan garam. Langkah tersebut dapat mengakibatkan donat gagal mengembang. Pasalnya, ragi yang digunakan bisa tidak aktif dan mati karena terkena garam.

Untuk mengatasi hal di atas, maka kamu bisa memisahkan antara ragi dan garam sebelum dicampur ke tepung. Larutkan ragi dengan air dalam tepung dan aduk sampai kalis. Sementara itu, garam dapat dicampurkan setelah adonan donat sudah kalis. Aduk kembali adonan donat sampai tercampur garam secara merata.

3. Suhu air tidak sesuai untuk melarutkan ragi

Pada pembuatan donat, kamu mempunyai dua pilihan untuk mencampurkan ragi. Pertama, kamu bisa memasukkan ragi bersamaan dengan tepung dan bahan yang lain, lalu mengaduknya sampai kalis. Kedua, kamu bisa melarutkan ragi dengan air sebelum dimasukkan bersama beberapa bahan lain.

Untuk cara yang kedua, kamu perlu memastikan suhu air sesuai agar ragi bisa aktif dengan baik. Hindari melarutkan ragi dalam suhu air yang terlalu dingin atau panas. Hal ini dapat membuat tekstur donat tidak lembut. Sebaiknya, pakai air bersuhu 40-46 derajat Celcius agar donat yang dibuat bisa mengembang dengan apik.

4. Adonan kurang kalis

Membuat roti-rotian seperti donat memang dibutuhkan ketelatenan yang lebih. Kamu harus memastikan adonan donat benar-benar kalis agar donat bisa empuk dan enak. Tanda bahwa adonan donat sudah kalis dengan baik yakni tidak lengket di tangan dan terasa elastis atau tidak mudah putus.

Nah, itulah empat kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemula dalam membuat donat. Perhatikan baik-baik ya, agar donat yang kamu bikin bisa terasa lezat dan nikmat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak