facebook

Mudah Tergiur? Ini 4 Tips Ampuh Tahan Godaan Makan Junk Food

Hayuning Ratri Hapsari
Mudah Tergiur? Ini 4 Tips Ampuh Tahan Godaan Makan Junk Food
Ilustrasi junk food (Pexels/Denys Gromov).

Siapa yang sering makan junk food? Kalau kamu salah satunya, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Pasalnya, makan junk food berlebih dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Junk food mempunyai rasa gurih yang nikmat hingga bisa membuat ketagihan. Berikut ini sederet tips ampuh agar kamu bisa menahan godaan makan junk food merangkum dari Hellosehat dan Halodoc. Simak baik-baik, ya!

1. Jangan mudah tergoda iklan

Iklan junk food yang hadir dengan varian baru seasonal sering kali membuatmu ingin mencobanya. Tak hanya itu, kata-kata iklan yang meyakinkan juga bisa membuatmu goyah pada pendirian untuk berhenti makan junk food. Padahal, kata-kata iklan tersebut belum tentu benar karena bisa jadi strategi marketing dari mereka saja.

Melihat promo junk food yang berseliweran pada media sosial, kamu juga langsung ingin membelinya. Jika kamu adalah orang yang mudah tergoda akan promo, sebaiknya berhenti mencari tahu informasi promo ini. Kamu bisa melakukannya dengan membatasi penggunaan media sosial.

2. Konsumsi protein lebih banyak

Pilihlah makanan yang mengandung protein lebih banyak. Cara ini bisa mengurangi nafsu makan camilan karena merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, secara tidak langsung kamu akan terhindar untuk mengonsumsi junk food yang kurang sehat.

3. Hindari membeli menu paket

Restoran cepat saji biasanya memberikan dua pilihan yakni menu paket atau ala carte. Banyak orang memilih menu paket karena merasa lebih murah. Namun demikian, apakah benar kamu menginginkan semua komponen dari menu paket tersebut?

Jika sedang berusaha mengurangi konsumsi junk food, maka kamu bisa memilih menu satuan saja. Menu paket biasanya memakai minuman bersoda, padahal air putih saja sudah cukup dan lebih sehat. Selain itu, menu tambahan seperti kentang goreng juga terkadang tidak terlalu diperlukan.

4. Menerapkan mindful eating

Cobalah menerapkan mindful eating untuk membantu agar tidak mudah tergoda makan junk food. Sadari dengan penuh antara keinginan atau kebutuhan makanmu sebenarnya. Berpikirlah dengan matang sebelum memutuskan makan apa. Mindful eating juga bisa menghindarkanmu untuk membeli makanan secara impulsif.

Nah, itulah empat cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari makan junk food. Tidak masalah untuk memakannya sesekali, asalkan jangan berlebihan hingga ketagihan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak