facebook

4 Tips Perut Tetap Aman Saat Berbuka Puasa

Xandra Junia In
4 Tips Perut Tetap Aman Saat Berbuka Puasa
Ilustrasi Mencintai Perut (freepik)

Menjelang petang adalah waktu yang paling dinantikan saat berpuasa. Semuanya berbondong-bondong menyiapkan makanan untuk berbuka. Baik di dalam maupun luar rumah.

Perut yang awalnya hanya merasa lapar, begitu diisi berubah menjadi sakit. Terlebih yang memiliki penyakit asam lambung. Untuk mengatasinya, berikut 4 tips yang bisa kamu lakukan.

1. Minum air hangat

Saat merasa dehidrasi namun perut masih kosong, air dingin bukanlah jawabannya. Lambungmu akan iritasi dan akibatnya perut terasa kembung.

Maka dari itu, saat berbuka puasa, cobalah meminum air hangat terlebih dahulu. Perutmu akan jauh lebih nyaman karena air hangat sangat baik untuk pencernaan.

2. Jangan langsung makan berat

Adanya istilah 'takjil' memang dianjurkan supaya kamu tidak langsung menyantap makanan berat saat berbuka. Untuk kesehatan sendiri, lambung kosong akan merasa kaget begitu diisi banyak asupan. Akibatnya perut menjadi tidak nyaman karena begah.

3. Tidak makan terlalu banyak

Saat berhasil menjeda waktu makan dengan kudapan terlebih dahulu, kamu merasa semakin lapar. Kemudian, kamu menyantap menu yang kamu siapkan dengan porsi besar. Bahkan kamu tetap mengunyah meskipun perut sudah tidak bisa menampungnya lagi.

Akibatnya, perut menjadi sakit dan terasa akan meledak. Hal ini dikarenakan adanya paksaan kepada usus dan lambung untuk terus menerima asupan. Selain itu, makan terlalu banyak juga dapat memicu kegemukan. 

4. Hindari makanan pedas

Untuk kamu pecinta pedas, dianjurkan tidak berbuka dengan makanan-makanan tersebut. Capscain yang terkandung dalam cabai dapat meningkatkan asam lambung.

Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan diare. Rasa mulas ini akan membuatmu merasa tidak nyaman. Terlebih jika berlanjut hingga beberapa hari, puasa menjadi terganggu.

Itulah keempat tips perut aman saat berbuka puasa. Selalu jaga kesehatan dengan memperhatikan makanan yang akan disantap. Jangan lupa juga untuk rajin mengonsumsi vitamin, mengingat virus masih menyebar dimana-mana. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak