facebook

5 Alasan Buruk yang Bikin Seseorang Memutuskan untuk Menikah, Bisa Berdampak Negatif

Xandra Junia Indriasti
5 Alasan Buruk yang Bikin Seseorang Memutuskan untuk Menikah, Bisa Berdampak Negatif
Ilustrasi Pernikahan Tanpa Ada Kesiapan (freepik)

Menikah menjadi salah satu impian dalam kehidupan banyak orang. Namun, tidak sedikit yang melakukannya bukan karena keinginan atau kesiapan dari diri sendiri. Melainkan didasarkan pada beberapa hal yang kurang masuk akal.

Di bawah ini ada 5 alasan buruk yang membuat seseorang memutuskan untuk menikah. Jika kamu termasuk yang memiliki salah satunya, lebih baik ditunda sampai diri sendiri dan pasangan benar-benar siap.

1. Tidak Ingin Sendirian dan Merasa Kesepian

Alasan buruk menikah yang pertama adalah karena tidak ingin sendirian dan merasa kesepian. Biasanya, yang seperti ini selalu bergantung dengan orang lain karena sulit bersikap mandiri. Lalu, beranggapan bahwa pernikahan akan membuatnya selalu ditemani oleh pasangan.

Padahal, pasangan akan tetap menjalani aktivitas seperti biasa, di mana tidak bisa memberikan waktu sepenuhnya untukmu. Maka dari itu, hindari melakukan pernikahan jika hanya tidak ingin sendiri dan merasa kesepian.

2. Tuntutan Keluarga

Banyak orang menikah karena tuntutan keluarga. Kamu seolah tak lagi tahan menghadapi berbagai celotehan mereka hingga membiarkan diri yang sebetulnya belum siap untuk melaksanakan pernikahan.

Perlu diingat bahwa bukan keluarga yang akan menjalani kehidupan usai menikah, melainkan kamu dan pasangan. Jika memang belum merasa siap, beranikan diri untuk menolak permintaan mereka tersebut.

3. Berpikir Bisa Menyelesaikan Masalah

Selanjutnya, banyak orang berpikir bahwa menikah bisa menyelesaikan masalah pribadi. Untuk itu, mereka mau melakukannya agar dapat hidup dengan tenang dan terhindar dari berbagai hal yang memicu stres.

Padahal, kehidupan setelah pernikahan sebetulnya menimbulkan masalah yang justru lebih rumit. Di mana kamu harus memikirkan banyak biaya yang perlu diurus bersama pasangan dan tak lagi bisa mengandalkan orang tua.

4. Semua Orang Harus Menikah

Alasan menikah yang juga dianggap buruk adalah saat berpikir bahwa semua orang harus menikah. Meski termasuk ibadah, hal ini bisa kamu lewati jika keadaan memang tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Misal, tak kunjung merasa siap secara mental atau memiliki trust issue. Dimana kamu akan sulit mempercayai orang lain, termasuk pasangan. Kondisi ini bisa membuat hubungan pernikahan menjadi tidak harmonis dan selalu mengalami keributan.

5. Membuktikan bahwa Kamu Laku

Alasan buruk untuk menikah lainnya adalah saat hanya ingin membuktikan bahwa kamu laku. Mungkin selama ini, banyak orang mengetahui jika kamu selalu berstatus lajang, bahkan tidak pernah dekat dengan siapapun.

Ditambah hanya kamu yang belum menikah pada sebuah lingkungan pertemanan. Di mana akan semakin membuatmu ingin melakukannya berdasarkan alasan yang dianggap kurang masuk akal tersebut.

Itulah lima alasan buruk yang membuat seseorang memutuskan untuk menikah. Ingat jika kamu dan pasangan memang belum siap melakukannya, lebih baik ditunda. Jangan terlalu memaksakan diri, lalu menyesal di kemudian hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak