alexametrics

Suka Berkhayal? Ini 4 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Xandra Junia In
Suka Berkhayal? Ini 4 Manfaatnya Bagi Kesehatan
Ilustrasi Berkhayal (freepik)

Berkhayal diperbolehkan asal tidak berlebihan.

Suara.com - Berkhayal atau halusinasi sering dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Alasannya karena di kemudian hari, seseorang itu tidak bisa hidup dengan kenyataan. Mereka akan merasakan kekecewaan yang berlarut-larut jika tidak sesuai dengan ekspetasi. Namun, mengkhayal ini ternyata memiliki manfaat, loh. Berikut 4 di antaranya:

1. Penghilang Stres

Saat sedang dilanda berbagai masalah hidup, berkhayal bisa kamu jadikan solusi. Misalnya, dapat bertemu idola, pergi ke tempat idaman, naik jabatan, bergelimang harta, dan masih banyak lagi. Menurut ahli psikologi, membayangkan hal seperti ini dapat membuatmu lebih bahagia. Kamu akan terhipnotis seperti masuk ke dalam momen-momen indah tersebut. 

2. Melatih Daya Ingat

Saat berkhayal, kemampuan daya ingatmu akan meningkat. Salah satu contohnya, mengingat masa lalu. Kemudian, kamu mengaitkan momen tersebut dengan pengandaian dapat terjadi lagi di waktu sekarang. 

3. Menjadi Kreatif

Berkhayal juga dapat membuatmu menjadi jauh lebih kreatif. Kamu akan memikirkan ide-ide yang tak terduga untuk beberapa masalah yang tengah atau mungkin akan dihadapi nanti. Selanjutnya, tinggal kamu tuangkan dalam kehidupan nyata. Siapa tahu mimpimu setelah masalah tersebut selesai dapat terwujud. 

4. Memberi Otak Untuk Istirahat

Otak dituntut untuk terus berpikir setiap harinya. Tidak hanya untuk sebuah pekerjaan dan permasalahan hidup. Saat berkhayal, otak memang digunakan untuk berpikir juga. Namun, bedanya, hal yang dipikirkan tersebut tidaklah berat dan mampu memberi otakmu beristirahat sejenak. 

Nah, itulah keempat manfaat dari berkhayal. Boleh dilakukan dengan catatan tidak berlebihan, ya. Jangan sampai khayalan tersebut membuatmu lupa dengan kenyataan.