facebook

Bikin Bete Seharian, Nih 4 Obat Alami agar Sariawan Bubar!

Anggoro Kasih
Bikin Bete Seharian, Nih 4 Obat Alami agar Sariawan Bubar!
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Siapa yang kalau lagi asyik makan atau heboh ngobrol tiba-tiba kegigit, udah pasti mikir "wah sariawan deh nih!"

Penyakit mulut yang satu ini emang kedengarannya sepele. Tapi bagi kamu yang mengalaminya, haduh!!!! Pasti bete banget, kan?

Ngomong nggak nyaman, makan nggka puas, bahkan penulis nih ya, kalau sariawan bisa sampe nangis-nangis sambil berusaha ngunyah makanan karena walaupun sakit banget, tapi kan tetep laper juga! Eh, jadi curhat, hehehe..

Langsung aja nih, penulis ingin membagikan informasi penting terkait 4 obat alami sariawan, yang bisa bebaskan kamu dari pedihnya menderita sariawan. Apa aja?

1. Madu

Oleskan madu ke luka sariawanmu sebanyak 3-4 kali sehari sampai sariawan sembuh. Dianjurkan kamu menggunakan madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi, ya! Madu bersifat anti-radang dan anti-bakteri, makanya madu baik untuk mengobati sariawan.

2. Kumur air garam

Obat sariawan alami berikutnya yang akan penulis bagikan infonya yaitu berkumur dengan air garam. "Kok, sama kaya tips atasi sakit gigi?"

Ya, benar! Larutan garam efektif meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, termasuk masalah mulut yang terkena sariawan.

Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. 

3. Konsumsi sayur dan buah

Kalau sudah menjalankan usaha dari dua cara di atas, imbangi juga dengan asupan nutrisi yang cukup untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Kamu bisa mulai rajin mengonsumsi sayur atau buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, zinc, dan zat besi.

Jangan lupa sering minum air putih ya. Sariawan akan membuat bibir kering dan kamu bisa terkena risiko dehidrasi.

4. Kompres dengan kantong chamomile

Sama halnya dengan madu, chamomile juga mengandung senyawa anti-radang. Tentu saja berfungsi sama yaitu untuk mengobati sariawan.

Kamu cukup merendam kantong teh chamomile dengan air hangat, lalu kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Cukup dikompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.

Namanya juga obat alami, jangan berharap sekali coba langsung sembuh ya. Rutin, sabar, dan semoga yang sariawan saat membaca ini, segera sembuh ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak