alexametrics

Periksa Diri dan Sekitarmu, Inilah 5 Ciri Orang Depresi

Xandra Junia In
Periksa Diri dan Sekitarmu, Inilah 5 Ciri Orang Depresi
Ilustrasi Pria Depresi. (freepik)

Kehidupan selalu mempertemukanmu dengan berbagai masalah. Bisa dari keluarga, pasangan, pekerjaan, atau keuangan. Sebagian dari kamu mungkin ada yang merasa tidak sanggup dan berujung depresi.

Penyakit ini menganggu mental atau suasana hati. Agar tidak bingung, apakah kamu termasuk ke dalamnya atau tidak, berikut 5 ciri depresi yang perlu diketahui.

1. Sedih berkepanjangan

Tiba-tiba merasa sedih merupakan hal wajar yang dialami manusia. Salah satunya karena faktor hormon. Namun, jika sudah terlalu lama tak kunjung henti, wajib diperhatikan. Bisa jadi, kamu tengah depresi. 

Rasa sedih akan terus menghantuimu karena teringat dengan kejadian masa lalu yang mengerikan. Akibatnya, kamu juga menjadi pesimis serta khawatir masa depan memiliki cerita yang sama.

2. Terlalu sensitif

Perubahan hormon juga dapat mempengaruhi sensitif tidaknya seseorang. Namun, jika terus-terusan terjadi, bisa masuk ke dalam salah satu ciri depresi. Sekecil apapun masalah akan tetap terlihat jengkel di matamu. 

Penyebabnya sama. Mungkin ada beberapa kejadian mengecewakan yang terus kamu ingat. Jadi, kamu melampiaskannya kepada hal lain, meskipun tidak ada hubungannya sama sekali. Rasa emosi itu terus memelukmu. Bahkan hingga orang lain merasa segan.

3. Menyakiti diri sendiri

Seseorang yang tengah depresi, cenderung ingin menyakiti dirinya sendiri. Penyebabnya karena sudah tidak kuat menghadapi berbagai masalah berat yang menimpanya. Menurut survei, mereka akan merasa lega begitu selesai melakukan hal tersebut.

Cara menyakitinya sendiri bermacam-macam. Ada yang menggoreskan senjata tajam ke lengan, meminum racun, mencekik leher, dan masih banyak lagi. Bahkan mereka juga pernah berpikir untuk menghabisi nyawanya sendiri.

4. Nafsu makan berkurang

Selain malas untuk melakukan berbagai aktivitas, seseorang yang sedang depresi juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Ia bahkan harus dipaksa agar mau menyantap sedikitnya satu dua sendok.

Akibatnya, tubuh akan terlihat lebih bahkan sangat kurus. Serta tidak adanya semangat dan cenderung selalu merasa lemas.

5. Susah tidur

Depresi akan membuatmu terus melakukan overthinking di tiap waktu, khususnya malam hari. Jadwal yang seharusnya untuk tidur, justru kamu gunakan dengan memikirkan hal-hal menyedihkan.

Kurangnya jam tidur, akan mengganggu konsentrasi serta kesehatanmu. Wajahmu akan terlihat kusam dengan kantung mata. Belum lagi kelopak yang membengkak karena menangis.

Itulah kelima ciri depresi yang mungkin tengah menyerangmu atau seseorang di sekitarmu. Jika merasakan semua poin yang disebutkan di atas, segera konsultasikan kepada ahlinya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak