alexametrics

Tampil Percaya Diri dengan 5 Tips Atasi Bibir Gelap

Xandra Junia In
Tampil Percaya Diri dengan 5 Tips Atasi Bibir Gelap

Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang paling terekspos. Tidak heran banyak wanita yang memilih lipstick sebagai satu kosmetik yang wajib dipakai saat ke luar rumah. Gunanya agar tidak terlihat kusam.

Selain kusam, permasalahan lain yang sering menimpa bibir adalah warnanya yang berubah menjadi gelap. Tentu hal ini dapat membuat beberapa dari kamu merasa kurang percaya diri.

Nah, untuk mengatasinya, kamu perlu menerapkan 5 tips di bawah ini.

1. Tidak merokok

Rokok memang dapat membuat penikmatnya merasa senang. Maka dari itu banyak dari mereka yang kecanduan. Namun, tahukah kamu jika benda satu ini merupakan salah satu penyebab bibir hitam?

Tembakau pada rokok mengandung nikotin dan benzopyrene yang mendorong melanin untuk aktif. Akibatnya, bibir akan terasa kering serta gelap. Terlebih jika kamu terlalu banyak menghisapnya dari waktu ke waktu.

2. Menggunakan pelembab bibir

Tidak hanya wajah, bibirmu juga perlu diberi pelembab setiap harinya. Hal ini berguna untuk mengatasi kekeringan, kusam, serta warnanya yang gelap. 

Berbagai produk pelembab bibir dilengkapi dengan kandungan anti-UV. Sinar matahari inilah yang dapat membuat bibirmu merasakan tiga masalah di atas. Jadi, usahakan rutin menggunakannya. Terlebih saat harus beraktivitas di luar ruangan.

3. Memakai masker bibir

Kesehatan bibir juga perlu kamu jaga layaknya wajah. Salah satunya, dengan rutin memakai masker. Produk jadinya sudah banyak dijual di pasaran. Namun, jika terlalu takut, kamu dapat menggunakan beberapa bahan alami.

Beberapa contoh bahan yang dapat membuat bibir gelapmu memudar adalah jeruk nipis dan lemon. Keduanya mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mencerahkan warna bibir. Cara penggunaanya, kamu hanya perlu mengoleskan air serta bulirnya. Kemudian, diamkan selama 10-15 menit. Lalu, bilas.

4. Sering menggosok bibir

Selain masker, kamu juga perlu teknik scrub atau menggosok pada area bibir. Bisa menggunakan produk jadi yang terjual di pasaran atau bahan alami seadanya di rumahmu.

Bahan yang paling populer untuk melakukan hal ini adalah madu dan gula. Keduanya mengandung glukosa dan fruktosa yang mampu merangsang epidermis untuk menghasilkan kolagen baru. 

Langkah awal, kamu perlu mencampurkan keduanya. Lalu, oleskan pada bibir dan diamkan selama 10-15 menit. Kemudian, gosok bibir secara perlahan. Terakhir, bilas dengan air hangat.

Meskipun manis, jangan sampai tergoda untuk menjilatinya. Juga, tidak perlu takut bibirmu dihinggapi semut.

5. Rajin minum air putih

Mungkin sebagian dari kamu bosan membaca air putih yang selalu masuk ke dalam tips kesehatan. Namun, pada kenyataannya memang ia memiliki banyak manfaat bagi tubuhmu. Salah satunya, untuk bibir.

Jika tidak sering minum air putih, tubuh dapat mengalami dehidrasi. Hal inilah yang menyebabkan kulit tubuh dan bibir menjadi kering. Akibat lainnya, warna bibir juga lebih gelap dari sebelumnya.

Itulah kelima tips untuk mengatasi bibir gelap. Jika sudah pernah mencoba semuanya, nomor berapa yang menurutmu paling ampuh? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak