alexametrics

Dear Calon Ibu, Kenali 5 Fakta Merawat Bayi Baru Lahir, Jangan Kaget

Andi Nitha
Dear Calon Ibu, Kenali 5 Fakta Merawat Bayi Baru Lahir, Jangan Kaget
Bayi (pexels.com/kelvinocta)

Setelah mengandung selama sembilan bulan, rasanya enggak sabar untuk segera menimang dan melihat wajah sang buah hati. Nah, bagi seorang ibu yang baru pertama kali mengandung tentu ada rasa was-was. Karena baru pertama kali mengurus bayi.

Berikut lima fakta merawat bayi baru lahir yang harus diketahui oleh calon ibu muda agar tidak kaget nantinya: 

1. Selalu menangis

Menangis adalah salah satu cara bayi untuk berkomunikasi dengan orang sekitarnya. Menangis juga merupakan bentuk ungkapan dari apa yang dirasakannya.

Buat para orangtua yang baru saja memiliki buah hati hal ini tentunya membingungkan bahkan dapat membuat stres. Namun seiring waktu kamu akan terbiasa dan tahu maksud dari tangisan sang bayi.

2. Selalu ingin menyusu

Bayi yang baru lahir ternyata selalu lapar. Sehingga sering dikatakan jika bayi kuat menyusui. Perlu diketahui, perut bayi masih kecil, jadi hanya mengambil nutrisi secukupnya.

Jangan sampai bayi terlalu kenyang karena ia akan muntah. Beri waktu saja saat menyusui. Lebih baik sering diberikan ASI, tapi tidak terlalu kenyang dari pada kenyang nantinya muntah.

3. Menangis tanpa mengeluarkan air mata

Jangan kaget ya, bayi yang baru lahir jika menangis tidak mengeluarkan air mata. Ini disebabkan karena kelenjar air mata belum berkembang dengan sempurna.

Jadi jangan menganggap bayi menangis tidak mengeluarkan air mata menandakan tidak ada apa-apa, ya. Tetap hampiri bayi dan penuhi keperluannya, terutama menyusui.

4. Kulitnya kering

Kulit bayi terlihat lembut dan halus namun pada dasarnya kulit bayi adalah kering. Hal ini disebabkan karena bayi di dalam perut terendam di dalam ketuban, setelah lahir terkena udara sehingga kulit tersebut menjadi kering. Tetapi jangan khawatir oleskan tubuh bayi dengan lotion kulit untuk bayi.

5. Tanda lahir

Tanda lahir adalah keadaan yang normal ditemui pada bayi yang baru lahir. Tanda lahir ini muncul dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran, tetapi tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya.

Menjadi seorang ibu memang tidak mudah. Apalagi dalam hal merawat bayi, tentunya sesuatu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Jalani hari-hari merawat buah hati dan nikmati keseruannya bersama suami. Semoga kelak menjadi anak yang membanggakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak