alexametrics

5 Kebiasaan Ini Dapat Mengurangi Masalah Jerawat

Xandra Junia In
5 Kebiasaan Ini Dapat Mengurangi Masalah Jerawat
Ilustrasi kulit berjerawat (pixabay/Kjerstin_Michaela)

Memiliki wajah mulus adalah impian bagi setiap orang, khususnya wanita. Namun, terkadang permasalahan kulit tiba-tiba datang.

Salah satunya, jerawat. Terlebih saat memasuki masa menstruasi. Jerawat akan dengan mudah tumbuh karena hormon testosteron meningkat.

Oleh karenanya, kamu perlu menerapkan 5 kebiasaan ini guna mengurangi jerawat pada wajah.

1. Jam tidur yang cukup

Kualitas tidur yang baik ternyata berpengaruh dalam mengatasi jerawat, lho. Terlalu sering begadang akan membuat kulitmu terlihat kusam. Lalu, masalah lain seperti keriput, bercak hitam, dan kantung mata pun bisa menyerang wajahmu.

Kurang tidur juga dapat mengundang stres yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Hal ini dikarenakan hormon kortisol yang otomatis meningkat serta memicu peradangan pada kulit. Jadi, usahakan tidur dengan waktu yang cukup, ya.

2. Rutin konsumsi air putih

Terlihat kurang menarik, namun air putih kaya akan manfaat, lho. Salah satunya sebagai detoks alami. Kandungannya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga, kesehatan kulit pun akan terjaga.

Kamu dapat terhindar dari jerawat dan penuaan dini. Konsumsi minimal 2 liter setiap harinya, karena kecantikan juga perlu dirawat dari dalam.

3. Membasuh wajah

Membasuh wajah masih sering ditinggalkan karena malas. Terlebih saat musim hujan. Cuacanya sangat mendukung untuk berdiam diri di tempat tidur. Akibatnya, kamu tidak peduli lagi dengan kondisi wajahmu.

Padahal, meskipun di rumah, kotoran tetap dapat mengenai wajahmu, lho. Maka dari itu, membersihkannya tetap diperlukan. Jika tidak, debu tersebut akan memicu pertumbuhan jerawat.

4. Menjaga makanan

Jerawat juga bisa disebabkan oleh makanan. Misalnya, yang terlalu manis dan berminyak, serta kacang-kacangan. Maka dari itu, kurangi mengonsumsi ketiganya. Perbanyak makan buah dan sayur agar kulit tetap sehat karena vitamin yang terkandung di dalamnya.

5. Tidak menyentuh wajah

Mungkin kamu tengah senang dengan wajahmu. Namun, jangan terlalu sering menyentuhnya, ya. Kamu bisa saja lupa, tentang apa yang sebelumnya disentuh. Jika sesuatu yang kurang bersih dan kamu belum sempat mencuci tangan, kotoran tersebut malah akan merusak wajahmu dengan menimbulkan jerawat.

Itulah kelima kebiasaan yang bisa mengurangi jerawat pada wajah. Kira-kira, mana yang paling sulit kamu lakukan? Apa alasannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak