alexametrics

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Kopi

Xandra Junia In
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mengonsumsi Kopi
Ilustrasi Minum Kopi. (freepik)

Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak peminat di seluruh belahan dunia. Aromanya sendiri telah teruji mampu mengurangi stres pada tubuh.

Namun, dalam pengonsumsiannya, kamu perlu tahu beberapa hal agar tubuh dapat tetap sehat. Nah, berikut ini 4 diantaranya:

1. Kadar kafein

Kafein merupakan senyawa alami pada kopi yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak sistem pencernaan, terutama bagian lambung. Oleh karenanya, saat akan ngopi, kamu perlu tahu kadar kafeinnya. Beberapa contoh, pada kopi instan yang biasanya mengandung 60 miligram kafein.

Lalu, ada istilah shot di berbagai kafe yang menandakan one shot berarti satu cangkir espresso dengan kadar kafein sebesar 65 miligram. Semakin tinggi tingkatnya, bisa memperburuk kesehatan perut. Akibatnya, kamu dapat merasa pusing, mual, berkeringat dingin, hingga pingsan.

Untuk itu, bagi kamu penderita asam lambung, namun tetap ingin menikmati kopi, kamu dapat memilih yang rendah akan zat tersebut, seperti kopi decaf yang hanya mengandung 4 miligram kafein.

2. Waktu minum

Menurut para ahli, istilah morning coffee dan ngopi di malam hari tidak tepat karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Pasalnya, di jam-jam tersebut hormon kortisol sedang meningkat yang dapat memicu tekanan darah tinggi, diabetes, dan kerusakan sistem pencernaan.

Untuk itu, mereka menyarankan waktu minum kopi diantara pukul 9.30 sampai 11.30. Saat bangun tidur, perutmu juga masih dalam keadaan kosong. Jika langsung diisi kopi, dapat menukak asam lambung yang mengakibatkan nyeri.

Sedangkan, di waktu sore dan malam hari, kopi akan menjauhkanmu dari rasa kantuk. Hal ini mengurangi kualitas tidur yang dapat mengganggu kesehatan berbagai anggota tubuh, seperti kepala, mata, dan kulit wajah.

3. Cara minum

Kopi tidak disarankan untuk kamu yang tengah haus atau ingin mengurangi dehidrasi. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat membahayakan lambung. Terlebih diminum dalam tempo waktu yang cepat. Perutmu akan otomatis merasa begah dan berujung mual.

Jadi, cara minum kopi yang benar adalah dengan menikmatinya sedikit demi sedikit. Misalnya, dibarengi dengan sebuah obrolan, melakukan pekerjaan, atau bersantai.

4. Jenis racikan kopi

Saat akan mengonsumsi kopi, kamu juga perlu tahu jenis racikannya, guna menghindari penyesalan. Contohnya, bagi kamu yang suka rasa manis, berarti tidak disarankan untuk memilih Americano.

Jenis ini tengah diganderungi karena warnanya yang menarik, terlebih jika disajikan dalam keadaan dingin. Namun, kamu para pecinta manis jangan membelinya hanya karena 'trending'. Kamu bisa mengonsumsi lainnya yang cocok di lidahmu, seperti kopi susu.

Itulah keempat hal tentang kopi yang perlu kamu ketahui begitu ingin mengonsumsinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak