alexametrics

6 Dessert Penawar Mual setelah Menikmati Hidangan Idul Adha

Andi Nitha
6 Dessert Penawar Mual setelah Menikmati Hidangan Idul Adha
Ilustrasi acara makan bersama Idul Adha. (pexels.com/rodnae-prod)

Pada saat Idul Adha hidangan yang tersedia semua berbahan daging, baik daging sapi atau kambing. Biasanya daging akan diolah menjadi gulai, sate, kare, dan lain-lain.
Setelah seharian menikmati hidangan tersebut terkadang terasa mual.

Untuk mengatasinya ada, lho, dessert atau makanan pencuci mulut sebagai penawarnya. Berikut enam dessert tersebut:

1. Puding

Puding bertekstur lembut dilengkapi dengan saus atau vla banyak yang menyukai. Selain itu rasa puding juga bermacam-macam ada puding rasa coklat, vanili, caramel, dan lain-lain.

Namun untuk mengatasi rasa mual, puding rasa buah sangat baik untuk dihidangkan. Beri topping aneka buah seperti jeruk, stroberi. Jangan lupa sertakan saus atau vla dengan rasa asam manis dan wangi buah sehingga memberi kesan menyegarkan. 

2. Asinan

Asinan adalah salah satu hidangan khas kuliner Indonesia. Pembuatannya melalui pengasinan dengan garam dan pengasaman dengan cuka.

Terdiri dari asinan sayuran dan buah sehingga baik untuk mengatasi rasa mual. Rasa asam dari asinan dapat menetralisir rasa daging yang membuat mual.

3. Es krim

Es krim menjadi salah satu dessert incaran dan sangat cocok dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut. Terbuat dari produk susu seperti krim dicampur dengan perasa dan pemanis.

Es krim dengan rasa buah sangat cocok untuk penawar rasa mual. Rasa buah dan dinginnya es memberikan kesegaran dibalik rasa mual akibat mengonsumsi daging.

4. Coklat hitam

Kudapan manis ini banyak digemari orang. Namun tidak banyak yang mengetahui jika coklat hitam dapat meredakan rasa mual.

Caranya cukup mudah, makan sepotong coklat hitam atau dark chocolate. Rasa pahit coklat hitam dapat menanggulangi rasa mual.

5. Biscuit crackes

Biskuit crackers juga dapat menghilangkan rasa mual. Pilih biscuit crackes dengan rasa plain bukan yang manis bertabur gula atau abon karena akan menambah rasa mual.

Tepung yang terdapat pada biscuit dapat menyerap asam dalam lambung sehingga dapat meredakan rasa mual akibat makan daging sapi atau kambing.

6. Rujak

Berbagai macam rujak, ada rujak serut, bebeg, dan lotis. Namun semuanya sama yaitu terdiri dari buah segar dengan sambal atau bumbunya. Rasa asam pada buah dan pedas serta manis pada bumbunya dapat menghilangkan rasa mual.

Rasa mual setelah mengonsumsi daging disebabkan karena daging sulit dicerna dan tingginya kadar lemak serta protein dalam daging merah.

Keadaan ini tentu sangat mengganggu, maka siapkan dessert seperti tersebut di atas untuk penawar rasa mual. Kira-kira desserts manakah yang akan kamu siapkan untuk Idul Adha nanti?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak