alexametrics

Jaga Kesehatan Kulit dengan 4 Bahan di Rumah Ini

Xandra Junia In
Jaga Kesehatan Kulit dengan 4 Bahan di Rumah Ini
Ilustrasi Garam (freepik)

Selama masa PPKM, banyak dari kamu yang dirumahkan sehingga tak lagi ada pemasukan. Oleh karena itu, menghemat adalah jalan keluarnya, termasuk untuk perawatan kulit.

Guna kesehatan dan kecantikan kulit tetap terjaga, kamu dapat menggunakan 4 bahan yang sering tersedia di tiap rumah.

1. Teh

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Teh terbuat dari tanaman yang dikeringkan. Rasanya cenderung pahit dan berwarna cokelat. Saat ini, kebanyakan teh dikemas dalam bentuk bag kecil untuk dicelupkan pada air hangat. Gunanya, agar ampas tak terminum.

Nah, ampasnya ini jangan langsung dibuang. Kamu dapat memanfaatkannya untuk perawatan kulit, baik wajah maupun tubuh.

Teh memiliki kandungan yang mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit serta melindunginya dari jerawat. Tak hanya itu, penuaan dini juga dapat diatasi oleh penggunaan ampas teh sebagai masker secara rutin.

2. Kopi

Ilustrasi kopi (Pixabay/Christoph)
Ilustrasi kopi (Pixabay/Christoph)

Berbicara soal ampas, kopi juga memilikinya karena melalui proses saring sebelum diminum. Kandungan antioksidan dan asam klorogenatnya mampu menangkal radikal bebas penyebab jerawat.

Selain itu, pori-pori juga dapat lebih bersih, serta sel-sel kulit mati yang mampu terangkat karena butiran kasar dari kopi. Oleh karenanya, obalah untuk rutin mengggosokan ampas tersebut pada wajah dan tubuh secara perlahan.

3. Garam

Ilustrasi garam. (Shutterstock)
Ilustrasi garam. (Shutterstock)

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang pasti ada di tiap rumah. Gunanya, untuk menambah cita rasa asin pada suatu masakan.

Selain dapat memenuhi asupan yodium, garam ternyata memiliki kandungan antibakteri yang baik bagi kesehatan kulit. Berbagai masalah seperti minyak berlebih, jerawat, hingga kutu air mampu dibasmi olehnya.

Cara penggunannya, larutkan garam pada air hangat. Kemudian, basuh wajah dan gosokkan butirannya secara perlahan. Untuk kaki, rendam menggunakan wadah selama 15-20 menit.

Ingat, untuk hasil yang optimal, kamu perlu rutin dalam melakukannya, misalnya 2-3 kali seminggu.

4. Air Beras

Ilustrasi air beras atau tajin. (Shutterstock)
Ilustrasi air beras atau tajin. (Shutterstock)

Bekas pemakaian lain yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit adalah air cucian beras. Terlihat aneh, namun nyatanya memiliki banyak manfaat.

Jika kamu rutin membasuh wajah dan tubuh dengan air beras, kulit akan terasa lebih cerah karena terdapat kandungan gamma-oryzanol di dalamnya. Selain itu, ada juga vitamin E yang mampu memudarkan flek hitam dan pigmentasi kulit.

Nah, dari keempat bahan diatas, mana yang akan kamu pakai setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak