alexametrics

Bisa Atasi Diare, Ini 7 Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan Tubuh

Claudius Kevin
Bisa Atasi Diare, Ini 7 Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi bunga telang, bunga dengan segudang manfaat. (Dok. Elements Envato)

Jika diibaratkan seperti manusia, bunga telang adalah wanita yang cantik luar dalam. Tak hanya berpenampilan rupawan, tapi juga memiliki kemampuan terpendam.

Tumbuhan yang memiliki nama latin clitoria ternatea atau butterfly pea flower ini memiliki warna biru memikat yang bisa membuat taman menjadi lebih hidup dan indah. Tanaman rambat ini juga populer karena mudah ditanam.

Namun, tidak sedikit orang yang sengaja menanam bunga telang di halaman rumahnya. Tidak heran, cantiknya bunga telang bisa memperindah pekarangan rumah. Tidak hanya itu, bunga telang juga kerab digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. 

Belakangan ini, bunga telang menjadi populer karena sering dibuat menjadi minuman. Banyak yang meraciknya menjadi teh dan dicampur dengan sedikit pemanis, baik gula maupun madu. Racikan ini membuat teh telang memiliki ciri khas rasa tersendiri bagi penikmatnya.

Tak hanya nikmat, bunga telang ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang jarang kita ketahui. Apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Di masa pandemi, memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sangatlah penting. Berbagai macam penyakit seperti flu, pilek, batuk, dan infeksi lainnya bisa dengan mudah ditangkal.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat ini bisa didapat dari manfaat bunga telang. Kandungannya sudah teruji efektif dalam melawan berbagai bakteri yang merugikan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Saat flu menjadi ancaman di cuaca yang tidak bersahabat, kamu bisa mengandalkan teh bunga telang untuk memperkuat imunitas tubuh.

2. Mengatasi diare

Selain bunganya, daun bunga telang juga diketahui dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk mengobati diare. Sebuah riset berskala kecil menyimpulkan bahwa kandungan zat anti radang dan anti bakteri di dalam bunga telang dapat meredakan gejala diare.

3. Mengontrol kadar gula darah

Salah satu cara untuk mengontrol gula darah dan menjaganya tetap stabil di antaranya dapat dilakukan dengan mengonsumsi bunga telang. Hal itu dikarenakan bunga telang juga diketahui menyimpan kandungan antioksidan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, bunga telang terbukti mengurangi dan bahkan menstabilkan kadar konsentrasi glukosa darah.

4. Menurunkan tekanan darah

Satu lagi manfaat mujarab dari telang, yakni perannya dalam mengatasi tekanan darah tinggi yang memicu gagal jantung atau penyakit kardiovaskular lainya.

Jika tekanan darah dapat dikontrol dengan baik, maka hipertensi tak akan terjadi. Begitu juga masalah gagal jantung bisa dihindari dengan mudahnya. Cobalah konsumsi teh telang untuk merasakan manfaat bunga telang.

Selain itu, masalah stres bisa diatasi dengan kandungan adaptogenik bunga telang. Stres yang dapat terkontrol akan sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah.

5.  Mencegah obesitas

Obesitas memang sumber dari berbagai masalah penyakit berbahaya. Obesitas ini dipengaruhi oleh indeks massa tubuh yang berlebihan, serta metabolisme tubuh yang kurang baik. Untuk bisa mengontrolnya dan terhindar dari obesitas, manfaat bunga telang ungu ini bisa diandalkan. 

Cobalah untuk mengonsumsi teh bunga telang. Manfaatnya yaitu dapat membantu mendorong pembakaran kalori dan meningkatkan hormon yang berperan dalam pembakaran lemak. 

Bunga telang bisa dipakai sebagai antiobesitas. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuannya menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan lemak).

6. Antidepresan alami

Bunga telang juga diketahui bersifat sebagai adaptogenik yang dapat membantu tubuh mengatasi stres. Efeknya yang menenangkan pada tubuh dan pikiran dapat digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan berlebih.

Bunga biru indah ini bahkan telah terbukti memiliki efek ansiolitik dan antidepresi yang telah terbukti melalui studi.

7. Mencerahkan kulit

Kandungan antioksidan pada bunga telang juga dapat membantu mencerahkan dan menjaga kesehatan kulit. Studi terhadap aktivitas antioksidasi 15 jenis bunga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang merupakan salah satu dari bunga yang memiliki aktivitas antioksidasi paling tinggi.

Salah satu manfaat bunga telang ungu dari antioksidan untuk kulit adalah untuk mencerahkan. Antioksidan ini dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal, sehingga warna kulit tubuh akan tetap merata. 

Manfaat lain dari bunga telang yaitu mencegah masalah penuaan dini. Peran antioksidan pada bunga telang dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E agar kulit dapat meningkatkan produksi kolagennya.

Jadi dapat dipastikan bahwa manfaat bunga telang ungu efektif mengatasi masalah penuaan dini.

Itulah ulasan dari manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh. Selain beberapa manfaat bunga telang di atas, masih banyak lagi khasiat luar biasa yang bisa diberikan oleh tanaman ini untuk kesehatan tubuh.

Yang perlu diingat, selain mengandalkan sumber herbal, kita juga harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak