facebook

Jaga Kesehatan Mata, Ini 4 Asupan untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin A

Xandra Junia In
Jaga Kesehatan Mata, Ini 4 Asupan untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin A
Ilustrasi Semangka (freepik)

Masa karantina membuat banyak orang dirumahkan dan melakukan aktivitas secara daring. Hal ini tentu membuat kesehatan mata menjadi terancam. Pasalnya, kamu terus-terusan melihat layar laptop, komputer, dan juga ponsel.

Oleh karenanya, kamu perlu memenuhi asupan kebutuhan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Tak hanya itu, kandungan ini juga mampu menjaga sistem imun tubuhmu, lho.

Nah, berikut ini 4 diantaranya yang direkomendasikan untukmu.

1. Wortel

Wortel sudah menjadi andalan setiap orang untuk memelihara kesehatan mata karena memang mengandung vitamin A yang tinggi.

Wortel yang beratnya hingga 50 gram, bisa memenuhi asupan vitamin A harian sampai 167 persen. Konsumsi si oranye ini dengan cara langsung dimakan, direbus, dibuat jus, atau aneka masakan lainnya.

Wortel juga memiliki kandungan lain seperti vitamin B6 yang baik untuk pembentukan protein di dalam sel darah merah serta menyimpan energi dari makanan.

2. Mangga

Kandungan vitamin A pada mangga, bersama antioksidan lutein mampu menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan sel-sel mata.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara langsung makan atau dijadikan jus serta smoothie tanpa gula. Biarkan rasa manisnya didapat hanya dari mangga.

Selain itu, kandungan vitamin C pada mangga juga dapat memelihara kulit agar tetap lentur, sehingga terhindar dari penuaan dini, seperti keriput.

3. Paprika Merah

Paprika seringkali tidak disukai karena rasanya yang cenderung aneh. Padahal, jenisnya yang berwarna merah mengandung vitamin A yang bisa mencegah risiko katarak.

Pasalnya, ia dapat mengatasi kerusakan pada sel retina mata, sehingga mampu untuk mengurangi risiko gangguan tersebut.

Paprika merah juga mengandung vitamin B12, zat besi, serta folat yang baik untuk mencegah kekurangan sel darah merah (anemia).

4. Semangka

Manfaat kulit terasa kenyal dan awet muda bisa kamu dapatkan dengan kandungan vitamin A pada semangka. Buah merah ini juga enak dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman jus.

Semangka juga merupakan salah satu buah yang tinggi akan kandungan airnya, sehingga cocok untuk dijadikan menu pelepas dahaga dan pencegah dehidrasi.

Itulah keempat asupan yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin A.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak