alexametrics

5 Jenis Rempah dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kulit

Xandra Junia Indriasti
5 Jenis Rempah dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kulit
Ilustrasi Kayu Manis. (pixabay)

Kulit merupakan satu bagian yang paling sering dijaga kesehatan dan kecantikannya oleh banyak orang. Khususnya para wanita. Tidak heran berbagai produk perawatan tersebar di seluruh penjuru dunia untuk diperjualbelikan.

Namun, merawat kulit bisa juga dengan bahan alami, seperti rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu aneka masakan. Nah, berikut ini 5 di antaranya beserta manfaat yang baik bagi kecantikan dan kesehatan kulitmu.

1. Kunyit

Kunyit atau kunir berarti curcuma dalam istilah biologi. Biasanya digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta mengatasi berbagai masalah lain, seperti penyakit maag.

Lalu, nyatanya rempah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Kunyit dipercaya ampuh dalam menyamarkan noda bekas jerawat, sehingga kulitmu menjadi lebih cerah dan halus. Selain itu, dapat mengurangi kerutan pada wajah. Jadi, sangat efektif untuk menjaga elastisitas atau kekencangan kulit).

Oleskan kunyit yang telah dicampur dengan air. Diamkan selama 10-15 menit, lalu basuh wajah dengan air hangat hingga bersih. Lakukan secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

2. Kencur

Kencur termasuk ke dalam ordo zingiberales dan akar batangnya tertanam pada tanah. Seringkali, rempah ini digunakan untuk ramuan obat yang berperan sebagai penambah daya tahan tubuh. Biasanya dicampur dengan beras oleh para penjual jamu.

Beras kencur mengandung vitamin B1, C, dan E yang mampu mencerahkan kulit wajah, sehingga akan tidak ada kekusaman dan menjadi berkilau. Tak hanya itu, kulitmu juga terasa kenyal. Dengan demikian, kamu akan terlihat lebih awet muda dan sehat karena terhindar dari kekenduran.

Campurkan beras dan kencur yang sudah dihaluskan dengan air. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Akhiri aktivitas ini dengan membilasnya hingga bersih.

3. Jahe

Jahe masuk ke dalam keluarga zingeron dan biasa dijadikan bahan obat-obatan tradisional. Bentuknya mirip jari jemari dengan ruas yang menggembung. Rasanya dominan pedas, sehingga sering digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Manfaat lain dari jahe ternyata baik untuk kesehatan kulit. Rempah ini mampu mengatasi sunburn (kondisi dimana kulit terbakar karena terlalu lama berada di bawah matahari tanpa perlindungan). Kemerahan dan rasa perih yang muncul tersebut akan dilawan olehnya.

Selain itu, jahe juga bisa melembapkan kulit kering, serta mengontrol minyak berlebih. Jadi, kamu akan terhindar dari iritasi dan  jerawat, sehingga kulit terasa lebih sehat.

Cara pemakaiannya, parut jahe hingga halus. Lalu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas hingga bersih.

4. Kayu Manis

Pernah mendengar kata cinnamon? Itu merupakan bahasa Inggris kayu manis yang berasal dari istilah biologi, cinnamomum. Rempah satu ini bertekstur sangat kering dan memiliki aroma manis dan sedikit pedas. Biasanya dimasukan ke dalam bahan-bahan untuk membuat kue.

Kayu manis memiliki kandungan antibakteri dan antiradang, sehingga dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat. Selain itu, ada cinnamaldehyde yang dapat meningkatkan kolagen pada kulit. Jadi, kamu bisa terhindar dari berbagai masalah penuaan dini.

Untuk menggunakannya, campurkan bubuk dan minyak kayu manis. Bisa juga dengan menambahkannya sedikit madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air.

5. Lada Hitam

Lada memiliki nama Latin Piper nigrum serta terdiri dari dua jenis, yakni putih dan hitam. Tanaman ini sudah mulai ditanam sejak ratusan tahun lalu. Rasanya sendiri mirip cabai, pedas, hangat, dan sedikit pahit. Biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan pada banyak menu masakan.

Tak hanya itu, lada berwarna hitam ternyata baik untuk kecantikan kulit, lho. Kandungannya mampu melawan penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti garis halus, flek hitam, dan kerutan.

Manfaat lainnya, lada hitam bisa dijadikan bahan eksfoliasi. Sel kulit mati penyebab kusam dan kasar mampu diatasi olehnya. Kerennya lagi, rempah ini dapat mengeluarkan racun dengan keahlian detoks-nya, sehingga kulitmu terasa lebih sehat.

Cara penggunaannya, campurkan lada dengan sedikit air putih. Bisa juga ditambahkan madu. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian gosok perlahan, dan diakhiri dengan membilas wajah.

Itulah kelima jenis rempah dan manfaatnya yang ternyata baik untuk kulit. Apakah salah satunya ada yang sering kamu gunakan?

Sumber:

halodoc, hellosehat, klikdokter, alodokter, sehatq

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak