alexametrics

Dibenci karena Bau, Nyatanya Petai Punya 6 Manfaat Ini

Xandra Junia Indriasti
Dibenci karena Bau, Nyatanya Petai Punya 6 Manfaat Ini
Ilustrasi Petai. (pixabay)

Petai merupakan jenis sayuran yang dimanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Bentuknya pipih mirip kacang almond dan berwarna hijau. Satu fakta tentangnya yang memicu rasa tidak suka adalah dapat menimbulkan bau tidak sedap. Baik melalui mulut maupun urine.

Meskipun begitu, nyatanya petai memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh agar tetap sehat. Nah, berikut 6 manfaatnya:

1. Memperlancar sistem pencernaan

Semua yang mengandung serat nyatanya memang baik dalam memperlancar sistem pencernaan. Jadi, sembelit atau sulit buang dapat teratasi olehnya. Petai termasuk salah satu yang punya kandungan ini, lho.

Tak hanya melancarkan jadwal BAB, serat mampu memberikan efek kenyang lebih cepat, sehingga dorongan untuk terus makan bisa berkurang. Oleh karenanya, petai sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang tengah menurunkan berat badan.

2. Memberi ketenangan

Meskipun memicu bau tidak sedap, petai ternyata mampu memberi ketenangan, lho. Hal ini dikarenakan triptofan yang terdapat di dalamnya. Kandungan ini adalah asam amino yang dibutuhkan agar tubuh bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinya.

Triptofan tidak bisa diproduksi sendiri, sehingga perlu didapatkan dari makanan. Biasanya, kandungan ini berperan untuk mencegah gangguan psikologis, seperti anxiety (kecemasan berlebih), insomnia, bahkan depresi.

Begitu mengonsumsi petai, kamu akan merasa lebih rileks secara alami. Belum lagi kualitas tidur yang bisa terjaga olehnya.

3. Mengontrol gula darah

Pernahkah kadar gula darahmu tinggi saat diperiksa? Kondisi ini merupakan tanda penyakit diabetes yang jika dibiarkan dapat memicu adanya berbagai komplikasi berbahaya. Terlebih saat didiamkan dalam waktu yang cukup panjang.

Untuk itu, penting bagimu mengontrol gula darah guna mencegah diabetes dan komplikasi tersebut. Salah satunya dengan mengonsumsi petai. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan zat betasitosterol serta stigmasterol yang mampu menjaga gula darah agar tidak naik.

4. Memelihara kesehatan jantung

Seperti diketahui, jantung merupakan organ penting pada tubuh yang dapat memberikan kelangsungan hidup. Maka dari itu, kamu perlu memelihara kesehatannya agar terhindar dari berbagai gangguan, seperti gagal jantung.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengonsumsi petai. Biji hijau ini mengandung antioksidan, serat, dan kalium yang dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, juga mampu mencegah produksi plak pada pembuluh darah di jantung.

5. Mencegah anemia

Anemia merupakan satu penyakit kekurangan sel darah merah. Biasanya ditandai dengan tubuh yang mudah lelah, sering merasa lemas, serta pusing kepala. Sangat mengganggu, bukan? Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan petai.

Pasalnya, petai mengantung zat besi yang dapat membantu proses produksi hemoglobin pada tubuh. Jadi, saat kamu mengonsumsinya, anemia bisa saja dicegah dan enggan mendekatimu. Kondisi tubuhmu juga akan terus kuat karena kandungan tersebut.

6. Meningkatkan sistem imun

Tak pernah bosan mengingatkan, bahwa tubuh perlu dijaga agar terhindar dari serangan virus di masa pandemi ini. Salah satunya dengan meningkatkan sistem imun. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi petai.

Petai memiliki kandungan serat, mineral, dan vitamin yang berperan sebagai antioksidan. Sifat ini mampu menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat dan dijauhi dari berbagai macam radikal bebas.

Nah, setelah tahu berbagai manfaat petai, apakah kamu mulai tertarik untuk mengonsumsinya? Dengan catatan, jangan terlalu berlebihan karena dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal dan kadar asam urat.

Sumber:

hellosehat, alodokter, kesehatan kontan

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak