alexametrics

5 Manfaat Buah Bit, Salah Satunya Mampu Menurunkan Berat Badan

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Buah Bit, Salah Satunya Mampu Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi Buah Bit (pixabay)

Bit sering disamakan dengan apel karena bentuk dan warna merah keunguannya. Padahal, buah ini masih satu keluarga dengan lobak dan tanaman akar lainnya. Rasanya manis dan biasa dijadikan obat-obatan. Baik daging, akar, maupun daunnya.

Pasalnya, buah bit me

miliki berbagai macam kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini 5 diantaranya.

1. Menambah Stamina

Bit merupakan satu buah yang cocok dikonsumsi bagi kamu para atlet karena dapat menambah stamina. Manfaat ini diperoleh dari nitrat yang baik untuk kebugaran tubuh. Khususnya saat akan berolahraga.

Kandungan nitrat pada buah bit bekerja dengan menghasilkan energi dari sel-sel tubuh. Jadi, fisik akan semakin kuat dan tidak mudah loyo. Sebagai pengingat, waktu tepat untuk mengonsumsi buah ini adalah 2-3 jam sebelum melakukan olahraga seperti latihan atau mengikuti kompetisi.

2. Menurunkan Berat Badan

Sebagian dari kamu pasti pernah dengar jika bit merupakan asupan baik bagi para pelaku diet. Pernyataan ini dibenarkan karena buah bit memiliki kalori rendah yang mana berperan dalam proses penurunan berat badan.

Selain itu, ada kandungan serat dan protein yang mampu menjaga tubuh agar tetap ideal. Keduanya dapat memberi rasa kenyang lebih cepat dan bertahan lama, sehingga kamu tidak ingin makan terus-terusan. Jadi, buah bit ini sangat baik dijadikan asupan harian saat kamu sedang melakukan diet.

3. Memelihara Sistem Pencernaan

Serat merupakan kandungan yang diperlukan tubuh untuk memelihara sistem pencernaan. Zat ini akan membantu pergerakan makanan pada usus, sehingga mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

Kandungan serat bisa kamu dapatkan salah satunya melalui bit. Manfaatnya juga tak hanya sampai disitu. Ketika mengonsumsi buah ini, kamu bisa terhindar dari risiko berbagai penyakit, seperti asam lambung, kanker usus, dan wasir.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Kesehatan otak, kognitif serta mental dapat mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Kondisi ini mungkin dikarenakan aliran darah dan oksigen menuju otak menjadi berkurang. Jika tak segera diatasi, kamu bisa saja mengidap penyakit demensia (pikun).

Oleh karena itu, diperlukan zat yang dapat mengatasinya. Misal, nitrat pada buah bit yang ternyata baik dalam meningkatkan fungsi serta kesehatan otak. Cara kerjanya yakni dengan memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju otak mampu ditingkatkan kembali.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Nitrat pada buah bit juga bisa diubah menjadi nitrit oksida dalam tubuhmu. Terlebih saat memakannya dengan kondisi mentah. Zat ini nyatanya memiliki fungsi untuk mengurangi serta memelihara tekanan darah agar tetap stabil. 

Selain itu, buah ini juga dapat memberikan manfaat tersebut meskipun porsinya sedikit. Pasalnya, bit punya pigmen merah betalain dan antioksidan yang memang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Dengan begitu, saat rutin mengonsumsi buah bit, kamu akan terhindar dari penyakit yang ditimbulkan oleh tekanan darah tinggi. Beberapa diantaranya adalah gagal jantung, serangan jantung dan stroke.

Nah, usai mengetahui berbagai manfaat buah bit, apakah kamu akan mulai coba mengonsumsinya?

Sumber: hellosehat, alodokter

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak