alexametrics

Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Ini Menyebabkan Gagal Diet!

Heni Welson
Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Ini Menyebabkan Gagal Diet!
Ilustrasi mengukur lemak perut. (Pixabay//BrunoGermany)

Saat menjalani diet untuk menurunkan berat badan, sebagian besar orang hanya memperhatikan seberapa banyak asupan kalori yang mereka kurangi. Terlepas dari itu, ternyata banyak hal yang juga harus menjadi menjadi perhatian termasuk pola tidur, minuman yang dikonsumsi dan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Dilansir dari Hellosehat berikut 5 hal yang bisa menyebabkan gagal diet:

1. Mengonsumsi minuman berkalori

Saat menjalani diet biasanya seseorang akan dengan sangat disiplin pada makanan yang dikonsumsi tetapi tidak pada minuman. Padahal kalori tersembunyi pun bisa didapatkan dari minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Kalori tersembunyi ini biasanya berasal dari kandungan gula yang tinggi pada minuman kemasan.  Tidak hanya menyebabkan diet gagal, minuman tinggi kalori dan gula juga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

2. Makan terlalu sedikit

Kesalahan ini paling banyak dilakukan orang pada saat menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Padahal, mengurangi makan secara drastis dapat memperlambat laju pembakaran energi tubuh.

Akibatnya, jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh menjadi sedikit. Jangan hanya fokus mengurangi asupan makanan, tetapi juga konsumsilah makanan alami dengan gizi seimbang.

3. Kurang minum air

Kurang minum air akan meyebabkan kamu sering merasakan lapar palsu. Saat merasa lapar, cobalah untuk minum air terlebih dulu, dan lihat apakah masih merasa ingin makan setelah minum.

Selain ampuh menurunkan berat badan, kebiasaan minum  juga membantu mempercepat pembakaran kalori, mengurangi asupan kalori dari makanan dan membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

4. Tidak mengonsumsi camilan

Tidak mengonsumsi cemilan sama sekali di antara waktu makan akan menyebabkan rasa lapar yang berlebihan dan memicu keinginan makan secara berlebihan di waktu makan berikutnya. Hal ini akan meningkatkan risiko konsumsi asupan kalori yang tinggi dan berdampak pada tujuan diet.

5. Kurang tidur

Selama tidur tubuh akan memproduksi hormon yang disebut melatonin. Hormon ini akan meningkatkan laju metabolisme serta lemak tertentu yang berperan dalam pembakaran energi. Jika kurang tidur, hormon melatonin tidak dapat berfungsi dengan baik.

Laju metabolisme akhirnya menurun drastis, begitu pula dengan jumlah kalori yang dibakar. Hal inilah yang akan menyebabkan kesulitan menurunkan berat badan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa membuat gagal diet. Kira-kira kamu sering melakukan yang mana saat diet?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak