alexametrics

8 Manfaat Jantung Pisang bagi Tubuh, Bisa Mengurangi Stres

Heni Welson
8 Manfaat Jantung Pisang bagi Tubuh, Bisa Mengurangi Stres
Jantung pisang (Pixabay/Steffen Wachsmuth).

Seperti yang kita ketahui bersama, hampir semua bagian dari tumbuhan pisang dapat dimanfaatkan. Mulai daru daun, buah, batang bahkan bunganya pun dapat dikonsumsi. 

Di Indonesia sendiri, bunga pisang dikenal sebagai jantung pisang. Bagian pisang yang satu ini mengandung banyak serat, protein, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan vitamin E. Berikut manfaat jantung pisang bagi kesehatan yang jarang diketahui, seperti disadur dari lifehack.

1.  Mencegah infeksi

Jantung pisang mengandung senyawa etanol yang terkenal dengan sifat antimikroba dan telah digunakan untuk membantu mengobati masalah infeksi selama ratusan tahun. Etanol tidak hanya membunuh bakteri, tetapi juga bisa mengurangi risik terjangkit penyakit yang disebabkan oleh parasit seperti malaria.

2.  Meningkatkan kesehatan jantung

Masalah kesehatan jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di beberapa negara. Konsumsi makanan dengan kandungan ptasium terbukti membantu menjaga kesehatan jantung. Bunga pisang atau jantung pisang sendiri kaya akan kandungan potasium. Potasium akan membantu menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung.

3.  Mengatasi anemia

Anemia merupakan kondisi di mana tubuh tidak mampu memproduksi sel darah merah yang cukup. Padahal, sel darah merah berperan untuk mengangkut oksigen dan zat gizi keseluruh tubuh. Untuk memproduksi sel darah merah, tubuh membutuhkan asupan zat besi. Jantung pisang kaya akan kandungan zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. 

4.  Memperlambat proses penuaan

Tidak hanya rasanya yang lezat, jantung pisang ternyata bisa memberikan efek yang bagus pada kulit. Jantung pisang kaya akan kandungan vitamin C dan senyawa seperti tanin serta flavonoid yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk kesehatan tubuh karena dapat mengurangi stress pada sel-sel di seluruh tubuh dan dapat membantu prooses penuaan. 

5.  Mengatasi stres

Stres merupakan hal yang tidak dapat dihindari dari kehidupan hingga saat ini. Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres yaitu dengan konsumsi makanan bergizi. Jantung pisang dapat membantu mengatasi stres karena kaya akan kandungan magnesium. Maknesium bekerja didalam tubuh untuk memberikan rasa rileks yang alami dan membantu tidur lebih nyenyak. Tidur adalah cara yang paling ampuh membantu mengurangi stres pada tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari jantung pisang. Apakah kamu pernah mengonsumsi bahan makanan yang satu ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak