facebook

Wajib Tahu, 7 Makanan Ini Bisa Bantu Mengatasi Jerawat

Heni Welson
Wajib Tahu, 7 Makanan Ini Bisa Bantu Mengatasi Jerawat
Ilustrasi Buah Segar (Pixabay/Silviarita).

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling banyak dialami. Usaha yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat pun berbagai macam, mulai dari penggunaan bahan alami hingga obat-obatan.

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada cara mengatasi jerawat dengan mudah, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari hellosehat, berikut beberapa makanan yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

1. Lemon 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lemon banyak digunakan dalam produk skincare untuk mengatasi jerawat. Konsumsi lemon ampuh dalam mengatasi jerawat. Kandungan flavonoid pada lemon dapat melindungi kulit. Flavonoid juga bisa membantu tubuh membasmi jerawat dari dalam. 

2. Ubi 

Ubi kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat. Turunan vitamin A yang dikenal sebagai retinol banyak digunakan dalam produk skincare melawan jerawat dan anti-aging. Selain itu, vitamin A juga bekerja mengurangi produksi minyak alami wajah (sebum). Itulah yang menjadikan ubi sebagai makanan yang baik untuk mengatasi masalah jerawat.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Omega-3 merupakan asam lemak yang berperan penting dalam mengendalikan peradangan. Ketika tubuh kekurangan omega-3, kulit akan terasa kering, gatal bahkan bersisik. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga pasokan darah menuju kulit terpenuhi dengan baik. 

4. Pepaya 

Tidak banyak yang tahu bahwa pepaya dapat membantu menghilangkan jerawat. Kandungan enzim papain dan chymopapain pada pepaya dipercaya dapat mengurangi peradangan. Papain biasanya dijumpai dalam produk pengelupasan kulit. Produk ini akan membantu menghilangkan jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

5. Bayam 

Sayur bayam ternyata baik untuk kesehatan kulit. Bayam ini mengandung vitamin E, yang bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan peradangan dan radikal bebas. Selain itu, bayam mengandung banyak protein yang mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit dan membuat wajah lebih berkilau, mengurangi garis-garis halus dan jerawat.

6. Buah beri 

Buah beri kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Kedua senyawa ini dikenal sebagai senyawa yang sangat berperan dalam membasmi masalah jerawat.

Vitamin C termasuk jenis vitamin yang dapat menghambat NFkB, senyawa yang meningkatkan peradangan. Oleh karena itu, vitamin C berperan sebagai anti-peradangan yang bisa digunakan pada kulit berjerawat.

7. Quinoa 

Quinoa merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Biji ini mengandung banyak serat dan sering digunakan sebagai pengganti nasi. Selain itu, quinoa mengandung seng dalam jumlah yang cukup tinggi. Mineral ini bisa membantu mengobati jerawat dari dalam. Seng merupakan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mengatur metabolisme dan kadar hormon. 

Nah itulah beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Kamu sudah coba yang mana aja nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak