alexametrics

5 Manfaat Konsumsi Jamur, Bisa Kurangi Stres

Heni Welson
5 Manfaat Konsumsi Jamur, Bisa Kurangi Stres
Jamur Tiram (shutterstock/kristanti)

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan zat gizi. makanan ini disebut sebagai makanan super karena manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh.Dikutip dari eatthis, berikut ini amnfaat mengejutkan dari jamur

1. Kaya akan kandungan vitamin D

Betul sekali, Anda tidak salah dengar! Selama ini pasti Anda  mengetahui bahwa vitamin D hanya bisa didapatkan dari bahan makanan hewani. Faktanya, jamur merupakan satu-satunya bahan makanan nabati yang mengandung vitamin D. Tidak ada satupun tumbuhan mengandung vitamin D.

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan mudah lelah, kesehatan tulang yang terganggu, kekebalan tubuh yang lemah, risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.Maka dari itu, konsumsi jamur bisa dijadikan alternatif sumber vitamin D selain dari bahan makanan hewani lainnya. 

2. Kaya akan mineral 

Jamur akan membantu  memenuhi mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Jamur mengandung zat besi, magnesium, vitamin B6, vitamin B12, dan Kalsium. Meskipun kaya akan kandungan mineralnya, jamur sangat rendah bahkan hampir tidak mengandung kalori, lemak dan natrium sehingga aman dikonsumsi saat sedang menjalani diet.

3. Anti Peradangan

Jamur memiliki sifat anti peradangan karena kandungan selenium yang terdapat didalamnya. Jamur tiram memiliki anti peradangan yaang paling banyak jika dibandingkan dengan jenis jamur lainnya.

4. Menjaga kesehatan usus

Kandungan serat dan prebiotik dalam jamur menjadikannya makanan yang baik untuk kesehatan usus. Prebiotik tidak hanya baik untuk kesehatan usus, tapi juga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

5. Mengurangi risiko depresi atau stres

Di dunia ini memang tidak ada makanan yang dapat mengatasi penyakit mental. Tetapi konsumsi jamur dapat membantu mengurangi risiko depresi. Kandungan senyawa bioaktif dalam jamur seperti vitamin B12 dapat membantu mengurangi risiko stress.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan senyawa bioaktif terutama beta-glukan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Rutin konsumsi jamur 2 kali dalam seminggu akan membuat Anda merasakan manfaatnya.

Nah itulah beberapa manfaat konsumsi jamur. Kamu bisa mengonsumsi jamur 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan manfaat yang terdapat pada jamur.

Sumber: https://www.eatthis.com/effects-eating-mushrooms/ 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak